alexametrics

Kiat Sukses Memilih PTN/PTS Melalui Bimbingan Konseling

Oleh : Rita Tri Mulyani,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Masa Pandemi bukan merupakan alasan untuk bermalas – malasan, berdiam diri di rumah. Tanpa ada yang dikerjakan. Istilah anak zaman now Kaum Rebahan. Kenapa demikian? Sebab selama pandemi semua aktivitas dilakukan di rumah dengan tujuan memutus mata rantai terhadap penularan Covid-19.

Untuk meraih cita-cita cukup dari rumah. Siswa bisa mendapatkan berbagai informasi terupdate sesuai yang diinginkan. Termasuk informasi tentang Perguruan Tinggi (PT) dengan program studi serta peluang mendapatkan beasiswa. Semua informasi bisa diperoleh melalui website perguruan tinggi atau media sosial.

Sekolah tak ketinggalan memberikan layanan bimbingan konseling melalui Layanan penempatan dan penyaluran di bidang karir. Dengan memberikan informasi dan memfasilitasi siswa menentukan perguruan tinggi negeri(PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) favorit.

Baca juga:  Kemampuan Hard Skill dan Soft Skill, Guru Tingkatkan Kesiapan Hadapi Era Pendidikan 4.0

Lengkap dengan program studi dan berbagai fasilitas lainnya. Sehingga kemudahan dalam melakukan pendaftaran baik secara online maupun offline dengan metode CBT serta berbagai macam fasilitas beasiswa bagi mahasiswa yang diterima.

Salah satu kegiatan sekolah dengan memfasilitasi seluruh siswa kelas XII jurusan MIPA dan SOS dalam pembuatan akun LTMPT yang dapat digunakan untuk mengikuti: Seleksi SNMPTN yang dikenal dengan jalur undangan dengan berdasarkan seleksi jalur nilai raport semester 1 sampai semester 5; Mengikuti seleksi ujian tulis berbasis komputer (UTBK); Mengikuti seleksi SBMPTN; Mengikuti seleksi jalur mandiri; serta Mengikuti seleksi di perguruan tinggi swasta (PTS ) dengan menggunakan nilai hasil UTBK dan seleksi nilai raport siswa semester 1 sampai semester 5 (PMDK).

Baca juga:  Perlu Positive Thinking untuk Memahami Permasalahan Siswa

Menurut Sukardi dan Kusmawati (2008:61) mengartikan pelayanan penempatan dan penyaluran adalah pelayanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien/konselor) memperoleh penempatan dan penyaluran tepat. Dalam rangka membantu siswa memilih program studi lanjutan ke Perguruan Tinggi sesuai bakat minat siswa.

Sekolah membantu memberikan informasi untuk memilih, menentukan Perguruan Tinggi serta program studi yang diminati siswa dengan memberikan kebebasan sepenuhnya pada siswa dan orang tua. Harapannya tidak ada penyesalan kedepan dalam menjalani, menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi yang dipilih dalam menggapai karir. Serta mendapatkan peluang pekerjaan memadai, sesuai bakat, keahlian, kemahiran yang dimiliki.

Guru pembimbing BK dalam memberikan informasi pendaftaran melalui link pendaftaran perguruan tinggi yang sesuai dengan minat siswa atau melalui channel youtube tutorial pendaftaran secara rinci, jelas dan mudah untuk di pahami. Tutorial sangat membantu siswa dan orang tua dalam melakukan proses pendaftaran. Calon mahasiswa datang langsung ke kampus untuk mengikuti ujian CBT hasilnya langsung keluar.

Baca juga:  Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut dengan Career Day

Dalam pemilihan program studi, calon mahasiswa diharapkan mampu memilih program yang diminati, memiliki prospek pekerjaan baik, menjanjikan setelah di lulus. Sehingga setelah lulus langsung mendapatkan pekerjaan seperti yang menjadikan harapan bersama. Mahasiswa dapat bekerja sesuai dengan bakat dan minatnya. (ump1/fth)

Guru BK SMAN 2 Slawi, Kab. Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya