alexametrics

Pembelajaran Literasi IPS Kelas VIII Nasionalisme Masa Kini

Oleh : H. Eddy Waluyo, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan abad ke-21 harus dapat menjamin agar peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan media informasi, dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skill). Kecakapan hidup itulah yang kemudian dikenal dengan konsep kecakapan abad ke-21, yang dikembangkan melalui 1) kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving skill), 2) kecakapan berkomunika- si (communication skills), 3) kecakapan kreativitas dan inovasi (creativity and innovation), dan 4) kecakapan kolaborasi (collaboration).

Salah satu prasyarat untuk mewujudkan kecakapan hidup abad ke-21 tersebut adalah kemampuan literasi IPS peserta didik. Tujuan pembelajaran Literasi IPS yaitu : 1) Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang kompetensi Literasi IPS dalam pembelajaran dan penilaian, 2) Menganalisis aspek-aspek kompetensi IPS pada perangkat pembelajaran dan penilaian, dan 3) Menyempurnakan aspek-aspek kompetensi IPS pada perangkat pembelajaran dan penilaian.

Baca juga:  Serunya Belajar Keanekaragaman Flora Melalui Index Card Match

Literasi adalah melakukan manajemen pengetahuan, belajar terus menerus, menyadari kebutuhan informasi pada saat informasi tersebut dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi. Komponen literasi terdiri dari 1) Konten yang meliputi teks informasi dan teks sastra, 2) Konteks yang meliputi personal, sosial budaya, dan saintifik, serta 3) Proses kognitif yang meliputi menemukan informasi, menginterpretasi dan mengintegrasi serta evaluasi dan refleksi.

Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis Kronologi, Perubahan dan Kesinambungan Ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial,budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaaan. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.3.2 Menemukan pesan dalam syair lagu bertema nasionalisme. Aktifitas pembelajaran yakni mendiskusikan nasionalisme melalui seni musik. Kompetensi yang diharapkan dikuasai peserta didik adalah memahami bahwa semangat nasionalisme dapat diwujudkan salah satunya dengan bidang seni. Untuk memberikan konteks pada pemahaman tersebut, peserta didik diajak membaca cerita pendek dengan infografik tokoh nasionalisme di dalamnya.

Baca juga:  Berpikir Kritis dengan MERDDEKA

Sebelum membaca, guru meminta peserta didik untuk menyebutkan bakatnya, mencari tahu kebanggaannya sebagai warga negara Indonesia melalui bakat tersebut. Guru dapat menunjukkan gambar/ilustrasi/video agar peserta didik dapat memprediksinya. Selama membaca guru memberikan waktu membaca 5-10 menit dan menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca guru menannyakan kesan peserta didik terhadap teks yang dibaca. Guru dapat menunjukkan gambar ilustrasi tambahan sebagai penguatan peserta didik memahami leterkaitan antara teks lagu dan gambar. Guru menanyakan kepada peserta didik, kapan mereka menyanyikan lagu tersebut, dalam kesempatan apa, bagaimana perasaan ketika menyanyikannya, dan lain sebagainya. Lagu tersebut yaitu Bagimu Negeri ciptaan Kusbini. Guru mempersilakan peserta didik untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Baca juga:  Implementasi TGT Berbantuan LK Tingkatkan Aktivitas Peserta Didik

Pertanyaan Inti : 1) Apakah nasionalisme menurut peserta didik? 2) Apakah peserta didik mengenal sejarah Indonesia yang berkaitan dengan semangat cinta dan bangga pada tanah air? Yang manakah itu ? 3) Bagaimanakah semangat nasionalisme yang dimiliki peserta didik saat ini? 4) Adakah di sekitar peserta didik, karya seni atau kegiatan kreativitas anak muda yang mewujudkan semangat nasionalisme? 5) Pernahkah peserta didik mendengar mengenai program pertukaran pertukaran pelajaran antarnegara? Apa yang peserta didik ketahui tentang program itu? Apakah program itu bisa menjadi wadah untuk menunjukkan rasa bangga dan cita tanah air Indonesia? 6) Apa yang sudah peserta didik lakukan untuk menunjukkan semangat nasionalisme kepada negara? Guru dapat melakukan refleksi dengan urutan merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian. (bat2/ton)

Guru IPS MTs Negeri 1 Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya