alexametrics

Tracer Study Tentang Kelanjutan Alumni SMPN 3 Bandar

Oleh : Endah Woro Sri Sumekar, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelaksanaan Tracer Study di SMPN 3 Bandar untuk mendapatkan gambaran objektif tentang informasi kesuksesan lulusan sekolah. Baik dalam karir, status, pendapatan, serta relevansi antara pengetahuan dan keterampilan dengan pekerjaannya. Hal ini merupakan salah satu kegiatan yang tercakup dalam langkah perencanaan mutu.

Tracer Study di SMPN 3 Bandar dilaksanakan setiap tahun. Sebagai upaya untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi lulusan sebagai bahan perbaikan lulusan yang berkualitas. Sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Berdasarkan hasil analisa penelitian nilai output dan pembahasan mengenai penelusuran lulusan SMPN 3 Bandar melalui studi pelacakan (Tracer Study) berdasarkan kompetensi siswa yang melanjutkan sekolah dan dibutuhkan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di sekitar wilayah Kecamatan Bandar, maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut :

Gambaran data lulusan SMPN 3 Bandar menunjukkan sebagian besar lulusan melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta. Sebagian lagi diserap di DUDI/Dunia Usaha Dunia Industri. Bagi yang melanjutkan studi, sebagian besar melanjutkan studi pada jurusan yang sesuai dengan kompetensi siswa. Selebihnya melanjutkan studi pada jurusan yang tidak sesuai dengan kompetensi.

Lulusan yang berada di wilayah urban sebagian besar melanjutkan studi sedangkan lulusan di wilayah rural sebagian besar bekerja. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya minimnya informasi lapangan kerja, persaingan ketat, tes wawancara dan kurangnya percaya diri, dan kurangnya pengalaman kerja dan lowongan kerja untuk kompetensi siswa. Adapun di wilayah rural, kedekatan dengan pihak Dunia Usaha Dunia Industri sangat berpengaruh. Sehingga lulusan yang memiliki koneksi dapat dengan mudah mendapatkan rekomendasi;

Baca juga:  Serunya Belajar Pola Hidup Sehat dengan Metode Problem Based Solving

Lulusan di wilayah rural cenderung lebih cepat dalam mendapatkan pekerjaan. Perbedaan lama waktu tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya minimnya informasi lapangan kerja, kualifikasi pendidikan belum memenuhi syarat, persaingan dalam proses seleksi yang ketat, pengalaman kerja, dan kurangnya lowongan kerja untuk kompetensi keahlian SMPN 3 Bandar.

Besar gaji lulusan di wilayah urban lebih besar dari pada lulusan di wilayah rural. Besar gaji dipengaruhi potensi pengalaman kerja dan daerah tempat tinggal lulusan. Potensi pengalaman kerja dari lulusan SMPN 3 Bandar dapat dilihat dari pengalaman kerja sewaktu mengikuti Praktek Kerja Industri. Yakni kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Tenaga kerja yang berdomisili di wilayah urban memiliki tingkat pendapatan lebih tinggi dibandingkan di wilayah rural. Selain itu, perbedaan besar gaji lulusan bergantung dari posisi/ jabatan lulusan di Dunia Usaha Dunia Industri;

Baca juga:  CTL Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Berdasarkan Tingkat kepentingan dan kepuasan lulusan terhadap kinerja sekolah menunjukkan bahwa semua aspek yang dinilai mulai dari aspek kurikulum, ujian praktek , tenaga pengajar, sarana dan prasarana, dan layanan konseling merupakan faktor yang dipandang sangat penting oleh lulusan dan lulusan sangat puas dengan kinerja sekolah dari semua aspek yang dinilai. Adapun untuk tingkat kepentingan dan kepuasan lulusan terhadap kinerja sekolah di wilayah urban dan rural tidak terdapat perbedaan yang signifikan;

Menurut tingkat kepentingan dan kepuasan lulusan terhadap Dunia Usaha Dunia Industri menunjukkan semua aspek yang dinilai. Mulai aspek kepegawaian, besarnya penghasilan, jaminan atau asuransi kesehatan dan kecelakaan, pengembangan diri dan keberadaan serikat pekerja merupakan faktor yang dipandang sangat penting oleh lulusan terhadap Dunia Usaha Dunia Industri dan lulusan sangat puas dengan Dunia Usaha Dunia Industri dari semua aspek yang dinilai. Adapun tingkat kepentingan dan kepuasan lulusan terhadap Dunia Usaha Dunia Industri di wilayah urban dan rural tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Operasi Hitung dengan Metode Demonstrasi dan Media Potongan Lidi

Tingkat kepentingan dan kepuasan Dunia Usaha Dunia Industri terhadap lulusan menunjukkan semua aspek yang dinilai. Yaitu kompetensi hard skill dan soft skill lulusan merupakan faktor dipandang penting. Dunia Usaha Dunia Industri puas dengan kompetensi hard skill dan soft skill yang dimiliki lulusan. Adapun tingkat kepentingan dan kepuasan lulusan di wilayah urban dan rural tidak terdapat perbedaan signifikan.

Pendidikan di tingkat SMP merupakan jenjang pendidikan menengah pertama yang mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan sekolah/bekerja. Hasil penelitian menunjukkan hanya sebagian besar lulusan memilih melanjutkan studi. Sebagian kecil lulusan diterima di dunia kerja. Hal ini mengandung implikasi agar pendidikan dasar lebih fokus perencanaan pengembangan karir peserta didik pada pengetahuan umum tertentu sehingga diharapkan dapat memperoleh pemahaman konsep secara produktif setelah lulus sekolah. (bat1/fth)

Guru SMPN 3 Bandar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya