alexametrics

Peningkatan Minat Belajar BTIK Menggunakan Wordwall

Oleh : Mamik Setyaningrum, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidik dituntut untuk berkreasi memanfaatkan segala media pembelajaran agar para peserta didik tidak cepat jenuh menerima pembelajaran. Lebih-lebih di era pandemi seperti ini, pendidik harus kreatif dalam menyuguhkan pembelajaran.

Aplikasi berbasis website digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan. Menariknya pengguna dapat akses media melalui daring juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis.

Untuk memberikan pendidikan yang berkualitas seorang guru sering kali menemukan kesulitan dalam memberikan pembelajaran. Media pembelajaran sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Yaitu membantu peserta didik untuk memahami materi yang nantinya mempengaruhi prestasi belajar dan disinilah media dibutuhkan untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam menerima pelajaran. Dan dalam pembelajaran guru harus memanfaatkan kemajuan teknologi agar peserta didik antusias dan memiliki pemahaman yang tinggi.

Baca juga:  Belajar Membaca Puisi lebih Menarik dengan Medote Imod

Berbicara tentang media pembelajaran sangat banyak jenisnya, mulai dari media gambar, media video serta power point. Media pembelajaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dan proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan harus lebih banyak dilakukan pengajar untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik.

Salah satunya yaitu untuk peningkatan proses pembelajaran yang penggunaan medianya secara efektif dan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar yang baik. Perlu adanya suatu media yang bisa mengangkat motivasi peserta didik untuk tetap focus dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran berbasis e-learning merupakan contoh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat digunakan untuk mempermudah suatu proses pembelajaran.

Salah satu jenis e-learning yaitu Wordwall. Wordwall adalah sebuah aplikasi yang menarik pada browser. Aplikasi ini khususnya bertujuan sebagai sumber belajar , media dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Di dalam halaman Wordwall juga disediakan contoh hasil kreasi guru sehingga pengguna baru mendapatkan gambaran akan berkreasi seperti apa.

Baca juga:  Sistem Osmoregulasi Ikan Berbasis Video Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Aplikasi Wordwall merupakan aplikasi berbasis website digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, acak kata, pencarian kata dan mengelompokkan. Menariknya aplikasi ini pengguna dapat akses media melalui daring dan dapat diunduh serta dicetak pada kertas.

Karena Wordwall media pembelajaran ini interaktif sehingga ketika dipakai pembelajaran peserta didik sangat antusias dengan fasilitas game yang disediakan pada website ini. Peserta didik SMP Negeri 5 Ambarawa khususnya pada saat pembelajaran BTIK untuk memberikan tes dan latihan kepada peserta didik seperti memasangkan pasangan, menjodohkan dan pencarian data. Metode yang ditampilkan berupa gambar dan seperti sebuah permainan peserta didik lebih bersemangat dalam belajar materi yang disampaikan guru di kelas. Dan hasil tes maupun evaluasi yang dikerjakan mengalami banyak peningkatan.

Baca juga:  Ciptakan Minat Belajar Penjas pada Pesdik dengan Gaya Komando

Untuk memanfaatkan aplikasi ini, beberapa langkahnya sebagai berikut ini : mendaftarkan akun di https://wordwall.net/. Klik sign up lalu isikan nama

pilih create activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan. Tuliskan judul dan deskripsi permainan. Ketikkan konten sesuai tipe permainan. Klik done jika setelah selesai.

Meskipun untuk akun versi gratis pengguna hanya diberi 5 slot untuk game aktivitas yang dibuat namun pengguna dapat mengganti dari satu game ke game yang lain dengan sekali klik. Manfaat aplikasi Wordwall tidak hanya dirasakan bagi peserta didk untuk meningkatkan belajar BTIK yang sempat menurun karena adanya era Covid-19, namun bagi pengajar dapat dijadikan tambahan referensi untuk menambah metode pembelajaran di kelas. (wa2/lis)

Guru SMP Negeri 5 Ambarawa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya