alexametrics

Pemanfaatan Media Sosial pada Mapel IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script

Oleh : Siti Fatkhurohmah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tujuan utama pembelajaran IPS adalah agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir logis dan kritis untuk memahami konsep dan prinsip yang berkaitan dengan pola dan persebaran keruangan, interaksi sosial, pemenuhan kebutuhan, dan perkembangan kehidupan masyarakat.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.103.Tahun 2013 salah satu prinsip pembelajaran adalah peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar. Selain itu pembelajaran juga bisa memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi untuk meningkatkan efisien dan efektivitas pembelajaran.

Sebagaimana yang dijelaskan Winata Putra (2007: 1.48) visi pendidikan IPS sebagai program pendidikan yang menitikberatkan pada pengembangan individu peserta didik sebagai aktor sosial yang mampu mengambil keputusan yang bernalar dan sebagai warga negara yang cerdas, memiliki komitmen, bertanggung jawab dan partisipatif.

Selain itu kalau dilihat pada saat ini, minat baca pada anak didik sangat menurun, terutama di SMP Negeri 2 Batang. Hal ini dapat dilihat dari kurang antusiasnya siswa jika diminta untuk membaca suatu materi yang ada pada buku paket, sebagian siswa tidak membacanya.

Baca juga:  Strategi Think-Talk-Write Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Komponen Peta

Berdasarkan tujuan utama pembelajaran yaitu siswa dapat berfikir secara logis dan salah satu prinsip pembelajaran yaitu peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar, dan memanfaatkan teknologi informatika yang ada serta untuk meningkatkan siswa agar gemar membaca, maka dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Batang pada kompetensi dasar : Menganalisis Perubahan Kehidupan Sosial Budaya Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Arus Globalisasi untuk Memperkokoh Kehidupan Kebangsaan, pada subbab Globalisasi, peserta didik diajak untuk belajar menggunakan model Pembelajaran Cooperative Script. Yaitu peserta didik diajak untuk memanfaatkan media sosial yang ada untuk mencari permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang diakibatkan oleh adanya Globalisasi.

Langkah awal yang diambil pada model pembelajaran Cooperative Script yaitu guru membagi siswa untuk berpasangan dengan temannya, atau berpasangan dengan teman duduk yang satu meja.

Baca juga:  Belajar IPS Asyik dengan Mencari Pasangan

Kemudian guru meminta seluruh siswa untuk membuka internat yang ada pada HP masing-masing dan untuk mencari di google tentang pengaruh perubahan sosial yang terjadi akibat adanya globalisasi terhadap kehidupan masyarakat. Setiap pasangan, yang dicari pada internet permasalahannya harus sama. Kemudian siswa diminta untuk membaca dan membuat suatu ringkasan dari permasalahan tersebut.

Selanjutnya guru atau siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembaca dan siapa yang berperan sebagai pendengar. Pembaca membacakan ringkasan selengkap mungkin dengan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasan. Menyimak, mengoreksi, menunjukan ide-ide pokok yang kurang lengkap, membantu mengingat, menghafal ide- ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
Selanjutnya bertukar peran yang semula menjadi pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya dan lakukan seperti di atas. Setelah keduanya bertukar peran siswa dan guru bersama-sama membuat suatu kesimpulan.

Baca juga:  Pembelajaran Peta Beserta Komponennya dengan Metode Snowball Drilling

Dengan model pembelajaran Cooperative Script dan juga memanfaatkan media sosial yang ada pada saat ini, siswa di SMP Negeri 2 Batang dapat meningkatkan minat siswa untuk membaca. Sehingga anak dapat belajar sendiri dari sumber-sumber yang ada di media sosial. Kini media sosial tidak hanya berfungsi untuk hiburan. Tapi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk belajar secara mandiri. (bat2/lis)

Guru IPS SMPN 2 Batang, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya