alexametrics

Menumbuhkan Perilaku Sosial pada Anak TK melalui Metode Sosio Drama

Oleh: Inayah,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ANAK usia dini dilahirkan di dunia dengan sejuta rasa ingin ingin tahu yang tinggi serta mengimitasi apa saja yang dilakukan oleh orang disekitarnya yang dirasa menarik. Hal tersebut menjadikan betapa besarnya peran lingkungan sekitar dalam memberikan kontribusi pada pembentukan perilaku sosial anak. Mengarahkan perilaku sesuai keinginan lingkungan memegang peranan penting, agar anak tidak salah dan terjerumus kedalam perilaku anti sosial atau perilaku yang tidak diterima lingkungan ketika beradaptasi di masyarakat.

Ketika anak membangun hubungan dengan orang lain, secara tidak langsung anak melewati peristiwa-peristiwa yang sangat bermakna dalam sejarah kehidupannya. Peristiwa tersebut akan terekam baik di memori anak seiring berjalannya usia. Mengajarkan perilaku prososial pada anak sedini mungkin, akan membawa dampak yang positif dan melekat pada pribadi anak, sampai anak kelak tumbuh dan berkembang menjadi dewasa bahkan sampai menua.

Baca juga:  Gali Informasi Kamtibmas, Kapolres Nongkrong di Warung Kopi

Dalam pengembangan aspek perkembangan Sosial Emosional pada KD. 2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya.Guru TK Negeri Pembina Ampelgading Kabupaten Pemalang menerapkan metode sosio drama. Sosiodrama merupakan salah satu teknik dalam bimbingan kelompok yaitu role playing atau teknik bermain peran.

Menurut Djamur dan Muh. Surya (2001: 109), sosiodrama dipergunakan sebagai salah satu teknik untuk memecahkan masalah-masalah sosial dengan melalui kegiatan bermain peran.Di dalam sosiodrama ini anak akan memerankan suatu peran tertentu dari situasi masalah sosial. (Romaliah,1999: 104) berpendapat bahwa sosiodrama adalah permainan peran yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan anatar manusia.

Pada kegiatan pembelajaran dengan metode sosio drama ,guru harus membuat seting lokasi agar menyerupai kondisi tertentu, misalnya dalam kendaraan umum.Selain itu guru juga harus menyiapkan skenario kegiatan. Suatu contoh dalam kendaraan umum ada anak yang berperan sebagai sopir,penumpang yang sedang duduk didalam bus ,ada juga yang berperan sebagai seorang ibu yang sedang hamil, nenek, kakek atau ibu yang menggendong bayi naik bus, maka anak yang duduk segera berdiri mempersilakan orang yang lemah untuk duduk.

Baca juga:  Serunya Belajar Gerhana dengan Bermain Gobak Sodor

Mereka menjalankan perannya masing masing sesuai dengan tokoh yang dilakoninya.Bagaimana mereka memperagakan nenek dari suaranya cara berjalannya dan lain sebagainya.Pengalaman yang terjadi pada anak melalui metode sosio drama memberikan pemahaman dan masuk kedalam memori anak agar terbentuk karakter sosial.

Model pembelajaran sosiodrama mengajarkan kepada siswa tentang adanya kerjasama dan saling bergotong royong. Bukan hanya itu dengan model pembelajaran ini siswa bisa merasakan suasana kelas yang tidak biasa dan akan membuat siswa tidak bosan dengan adanya model ini kita menghadirkan suasana baru.Siswa juga dapat memilih dan menentukan tema yang ingin dimainkan dengan menyiapkan para tokoh pemain. Jadi dalam kelompok semua aktif dan mengikuti proses pembelajaran sosiodrama ini walaupun untuk memainkannya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan kegiatan tersebut.

Baca juga:  Kampung Teraman Dapat Penghargaan

Pembelajaran tentang perilaku sosial melalui metode sosio drama sangat efektif dan menyenangkan karena anak terlibat secara langsung dalam memerankan suatu kejadian.Menurut Mulyasa (2012;30) perilaku sosial atau non sosial yang dibina pada awal masa kanak-kanak akan sangat menentukan kepribadiannya, baik melalui pengalaman yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan, berupa hubungan dengan anggota keluarga atau dengan orang-orang diluar keluarga. Seperti yang diterapkan di TK Negeri Pembina Ampelgading, Pemalang. (bat2/zal)

Guru TK Negeri Pembina Ampelgading, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya