alexametrics

Manfaat Mind Mapping dalam Pembelajaran

Oleh : Arif Lukmanto, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Peningkatan hasil belajar siswa salah satunya dimulai dari seorang guru yang inovatif yang mampu mengembangkan potensinya untuk membuat pembelajaran semakin efektif dan efisien. Sebagai guru sekolah dasar (SD) sangat dituntut untuk dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik.

Salah satu metode yang dapat digunakan oleh seorang guru yaitu menggunakan metode mind mapping. Susanto Windura (2008:16) menjelaskan secara sederhana bahwa mind mapping yakni suatu teknik grafis yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi seluruh kemampuan otak untuk keperluan berpikir dan belajar. Guru dapat mengarahkan siswanya untuk membuat mind mapping terkait dengan pelajaran yang diberikan. Kemampuan siswa dalam membuat mind mapping menuntut siswa memahami materi pelajaran tersebut.

Mind mapping sebagai cara kreatif dan solusi terbaik bagi seseorang yang ingin menyusun beragam informasi agar lebih mudah dipahami. Ia juga mempertajam daya analisa dan logika karena tidak lagi dituntut mencatat buku sampai habis kemudian menghafalnya. Selain itu mind mapping juga merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunaan garis lengkung, warna dan gambar.

Baca juga:  ESSEMMU Mengukir Prestasi Peserta Didik

Menurut Ahmad dalam https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-mind-mapping/, mind mapping dapat dirasakan manfaatnya secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat dari mind mapping : Pertama, mind mapping digunakan untuk melatih diri memahami berbagai informasi penting. Mind mapping memberikan banyak manfaat dalam proses belajar karena akan membuat siswa terbiasa mengorganisasikan dan mengelompokkan informasi-informasi penting dari konsep atau ide utama materi pelajaran. Jika telah terbiasa menyusun informasi-informasi penting ini konsentrasi secara otomatis akan meningkat.

Kedua, mind mapping dapat meningkatkan ketelitian dalam menyusun informasi. Dengan membuat mind mapping secara mandiri, secara tidak langsung akan melatih kemampuan pengaturan informasi yang didapat. Dalam hal ini, siswa dapat mengelompokkan suatu informasi sesuai dengan kategori tema yang dibahas. Dengan demikian, siswa akan mulai terbiasa dengan menyusun informasi secara rapi dan tertata.

Baca juga:  Model Examples Non Examples Mudahkan Siswa Menulis Puisi

Ketiga, mind mapping berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sesuatu. Mind mapping sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kerja otak, jika siswa telah terbiasa membuat mind map maka secara otomatis ia akan lebih cepat dalam memproses atau memahami materi yang sedang dipelajari. Penggunaan kata kunci yang sederhana pada mind mapping juga membantu siswa dalam mengingat materi-materi penting yang berkaitan dengan ide utamanya.

Keempat, mind mapping digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Dengan menggunakan mind mapping yang kreatif dalam menyajikan dan mengolah informasi-informasi penting dari suatu konsep. Misalnya menggunakan bentuk grafis yang berisi gambar, kata kunci, dan frasa penting secara tidak langsung akan mengasah kreatifitas siswa. Selain itu membuat mind map juga akan membuat siswa lebih produktif. Saat membuat mind map perlu menentukan model percabangan, memilih warna, menentukan kata kunci, dan memilih kalimat penting. Proses tersebut kemudian dapat menjadi motivasi siswa untuk lebih produktif dan membuat aktivitas belajar menjadi tidak membosankan.

Baca juga:  Menulis Cerpen Lebih Mudah dengan Bantuan Media Gambar Cerita Berseri

Kelima, mind mapping dapat menghemat waktu. Dengan pembuatan peta konsep yang rapi dan terstruktur, akan memudahkan serta menghemat waktu untuk mempelajari ulang materi yang telah dibaca sebelumnya. Dengan demikian, siswa bisa menggunakan sisa waktu yang lain untuk mempelajari materi yang berbeda.

Sebagai penutup, berdasarkan paparan manfaat metode mind mapping di atas, dapat memotivasi para guru untuk lebih berinovasi lagi dengan menggunakan metode ini untuk mendesain pembelajaran di kelasnya, sehingga tujuan pembejaraan dapat terwujud dan menghasilkan out put yang lebih baik lagi. Mari kita para guru tetap semangat untuk selalu berinovasi dan berprestasi. (wa2/ton)

Guru Kelas SDN 3 Cermo, Kec. Sambi, Kab. Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya