alexametrics

E-Modul Google Sites Tingkatkan Mutu Belajar Siswa

Oleh: M. Zaenal Arifin, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penyebaran virus Covid-19 selama dua tahun berdampak berbagai sektor kehidupan tak terkecuali pendidikan. Melalui kebijakan pemerintah, pembelajaran dilaksanakan melalui daring dan melalui pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). PTMT dilaksanakan dengan mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dengan memanfaatkan handphone untuk mengakses materi dan media yang disampaikan guru atau melalui e-learning.

E-learning merupakan sistem atau konsep pendidikan memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Menurut Chandrawati (172:2010) E-learning adalah proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dan teknologi.

Sebagai fasilitator pada pembelajaran, guru harus kreatif dan berinovasi. Agar pembelajaran menarik dan menyenangkan. Guru bisa menggunakan pembelajaran e-learning melalui platform atau aplikasi yang dipandang menarik siswa. Diantaranya google meet, google classroom, google sites, google form, quizizz dan masih banyak lagi. Guru bisa memanfaatkan akun belajar.id yang sudah diberikan ke setiap guru secara gratis oleh kemendikbud. Bisa memanfaatkan akun belajar yang didalamnya banyak aplikasi google sebagai media pembelajaran.

Baca juga:  Pentingnya Menanamkan Karakter Positif pada Siswa Sekolah Dasar

Seiring perkembangan teknologi dan informasi penggunaan modul elektronik (e-modul) merupakan salah satu pilihan yang bisa dipilih guru. Menurut (Rahmi, 2018), e-modul adalah suatu bentuk media belajar mandiri disusun dalam bentuk digital. Tujuannya sebagai upaya mewujudkan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai. Selain itu menjadikan peserta didik menjadi lebih interaktif dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Kebutuhan website untuk e-modul dipandang perlu untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Karena bisa dijadikan media meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada e-modul dapat menambahkan fasilitas multimedia. Seperti gambar, animasi, audio maupun video. Melalui akun belajar.id guru bisa membuat website sederhana melalui aplikasi google sites. Google sites merupakan produk google yang bisa digunakan membuat website sederhana secara gratis.

Google sites juga dapat dimanfaatkan media informasi untuk orang tua siswa. Bahkan khalayak umum untuk memberikan kontribusi bagi pendidikan. Google sites bisa dimanfaatkan portofolio online. Dimana guru bisa meminta siswa mengumpulkan hasil karya dan di unggah. Sehingga orang tua atau wali murid bisa melihat dan memantau perkembangan belajar anaknya. Website ini bisa dijadikan platform informasi penghubung secara online dari guru kepada orang tua. Karena memberikan informasi yang dibutuhkan orang tua seperti, daftar hadir, daftar tugas, dan daftar nilai siswa maupun pengumuman penting sekolah.

Baca juga:  Cara Menghafal Satuan Panjang dengan Cepat

Pada halaman materi pembelajaran bisa memasukkan vidio yang menarik yang dapat langsung dibuka siswa. Sehingga pembelajaran secara daring tidak monoton membaca materi dan mengerjakan tugas. Akhir materi guru bisa memberikan post test dengan mengkombinasikan google form. Siswa bisa mengerjakan setelah mengklik link pada google sites. Setelah selesai kita bisa mengunduh hasil jawaban siswa melalui jendela respon google form.

Dengan google sites, banyak manfaat yang didapat untuk menciptakan pembelajaran bermutu. Bisa memberikan konten materi menarik sesuai kompetensi dasar atau materi yang akan kita sajikan. Selain itu bisa langsung mendapatkan hasil atau pemahaman siswa dari kegiatan pembelajaran melalui pemberian post test.

Kendala penggunaan google sites yaitu penggunaan kuota internet atau keterbatasan sinyal jaringan. Pemerintah telah berupaya mengatasinya melalui pemberian batuan kuota internet. Pembelajaran menggunakan e-modul melalui aplikasi google sites di SD Negeri Mangunharjo 01 Kecamatan Subah dapat meningkatkan mutu belajar siswa. Siswa antusias dan tertarik dalam pembelajaran. Karena pada website sederhana menyajikan konten materi menarik, bervariasi dan bermutu. Selain itu orang tua biasa langsung melihat perkembangan belajar anaknya, sehingga semakin menambah motivasi belajar siswa. (bat1/fth)

Baca juga:  Mind Mapping Tingkatkan Hasil Belajar IPA

Guru SDN Mangunharjo 01, Kecamatan Subah, Kab. Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya