alexametrics

Belajar Topologi Jaringan Komputer dengan Model Picture To Picture

Oleh: Tri Uswatun Chasanah,S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENURUT Suprijono (2014, hlm 122) menyatakan bahwa model pembelajaran picture to picture adalah model pembelajaran yang memanfaatkan gambar yang menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran, tepatnya gambar dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Sebelumnya guru harus menyiapkan potongan gambar-gambar yang akan digunakan dalam pembelajaran topologi jaringan komputer.

Topologi jaringan komputer menurut Zymon Machajewski adalah seperangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama, yakni untuk saling berbagi sumberdaya. Tujuan dari topologi yaitu untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat ditransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Topologi jaringan komputer terdiri dari beberapa macam topologi dimana masing-masing topologi memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, maka dari itu untuk mempermudah pembelajaran topologi jaringan komputer pada peserta didik kelas 9 di SMP Negeri 9 Batang digunakan model Picture To Picture.

Baca juga:  Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Metode Tukang Bangunan

Langkah-langkah dalam pembelajaran adalah: Guru Menjelaskan tentang pengertian topologi jaringan, Guru menjelaskan manfaat topologi jaringan, Guru menjelaskan macam-macam topologi jaringan computer (topologi star, topologi bus, toplogi rig dan topologi mesh) beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar topologi yang ada, peserta didik diajak untuk ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar topologi yang ada.

Guru menunjuk atau memanggil beberapa peserta didik untuk memasang atau mengurutkan gambar-gambar menjadi salah satu gambar topologi jaringan komputer. Pada langkah ini guru harus mampu memberikan motivasi karena penunjukkan secara langsung kadang kurang efektif, sebagai cara alternatifnya salah satunya dengan undian sehingga peserta didik merasa memang harus menjalankan tugas yang diberikan. Gambar-gambar yang sudah ada oleh peserta didik untuk diurutkan, dimodifikasi sehingga menjadi sebuah gambar topologi jaringan komputer.

Baca juga:  Asyiknya Menulis Pantun dengan Teknik Zona Alfa

Setelah peserta didik mampu mengurutkan gambar-gambar menjadi gambar topologi jaringan komputer, maka guru akan meminta peserta didik untuk menjelaskan secara singkat tentang bentuk topologi tersebut, dimana peserta didik yang lainnya mendengarkan dan memberi tanggapan tentang topologi jaringan tersebut, hal itu dilakukan secara bergantian. Dari penjelasan gambar tolopogi tersebut guru mulai menanamkan konsep atau materi pemilihan topologi jaringan komputer disesuaikan dengan kebutuhan topologi jaringan. Penerapan topologi jaringan komputer di suatu tempat mungkin akan berbeda dengan tempat lainnya. Pada akhir pembelajaran peserta didik akan memberikan kesimpulan dan rangkuman dan guru akan membantu dalam proses pembuatan kesimpulan.

Dengan menggunakan model picture to picture akan memberikan manfaat kepada peserta didik di SMP Negeri 9 Batang diantaranya: memudahkan peserta didik untuk memahami apa yang dimaksudkan oleh guru dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih berkonsentrasi dan merasa asyik karena tugas yang diberikan oleh guru berkaitan dengan permainan mereka sehari-hari yakni bermain gambar, adanya saling kompetensi antar kelompok dalam penyusunan gambar yang telah dipersiapkan oleh guru sehingga suasana kelas terasa hidup, peserta didik lebih kuat mengingat macam-macam perangkat keras komputer yang ada pada gambar. (bat2/zal)

Baca juga:  Guru Menjadi Pintar IT di Masa Pandemi

Guru TIK SMPN 9 Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya