alexametrics

Memotivasi Belajar dengan Media Kolam Pancing

Oleh : Zuanawati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GAYA belajar tiap peserta didik pastilah berbeda satu sama lain. Hal tersebut tentunya berbanding lurus dengan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Seperti halnya yang dialami peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pringapus Satu Atap saat belajar materi interaksi sosial, mapel ilmu pengetahuan sosial. Diketahui dari hasil belajar materi interaksi sosial, peserta didik sebagian besar masih belum mencapai nilai KKM.

Kondisi semacam itu dipengaruhi berbagai hal. Di antaranya adalah gaya belajar peserta didik, seperti gaya belajar auditori, visual, dan auditori-visual. Namun, tidak semua peserta didik memiliki kemampuan belajar auditori dan/atau visual saja, justru karena tidak fokus dan malas untuk belajar. Di kelas lebih banyak bercanda dan mengganggu teman-temannya yang serius belajar. Kurangnya media serta metode pembelajaran yang kurang tepat juga menjadi faktor tersebut.

Baca juga:  Belajar Unggah-Ungguh melalui Gugon Tuhon dengan Media Instagram

Berkaitan dengan materi, interaksi sosial merupakan pengaruh timbal balik antara individu dengan individu, antara kelompok dengan kelompok, dan antara individu dengan kelompok (Soekamto, 1992:9). Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan antarindividu atau kelompok yang di dalamnya terjadi hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi di antara keduanya. Oleh karena itu, materi ini sangatlah penting, materi ini mengarahkan peserta didik untuk bisa berinteraksi sosial yang baik sesuai dengan perkembangan psikologi peserta didik.

Mengingat kondisi latar belakang peserta didik yang belum fokus dalam belajar, khususnya belajar materi interaksi sosial. Guru membuat media yang dapat memancing perhatian peserta didik untuk fokus dalam pembelajaran. Pemanfatan media tentunya sangat membantu guru untuk menyampaikan materi dengan baik seperti pendapat Sadiman (2008:7) menjelaskan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian peserta didik sehingga proses belajar dapat terjalin.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Pemahaman IPS dengan TGT

Oleh karena itu, guru menggunakan kolam pancing sebagai media pembelajaran materi interaksi sosial. Media kolam pancing membantu guru memancing perhatian peserta didik untuk fokus dalam pembelajaran materi interaksi sosial. Kolam pancing ini hanya sebuah media tiruan kolam pancing yang terbuat dari kardus. Ukuran kolam pancing ini memiliki panjang 100cm, lebar 50cm, dan tinggi 30cm. Di dalamnya terdapat lipatan kertas yang dibentuk menyerupai ikan. Diujung kertas ikan terdapat kolong kawat untuk dapat dipancing dengan kail.

Kertas-kertas yang dibentuk menjadi ikan tersebut di dalamnya terdapat materi, soal, dan bahkan suara yang ditampilkan melalui barcode tentang materi interaksi sosial. Barcode tersebut dapat dipindai secara mandiri menggunakan gawai pintar yang dimiliki peserta didik.

Baca juga:  Asyik Menulis Laporan dengan LKS Google Form

Teknis pembelajaran, peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok sesuai dengan topik yang akan dibahas. Selanjutnya, tiap perwakilan kelompok berlomba memancing ikan. Penilaian didasarkan pada jumlah ikan yang dipancing, jawaban atas intruksi yang terdapat pada ikan, dan menanggapi kelompok lain. Setelah semua kelompok melaksanakan kegiatan, guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil belajarnya dan memberi penguatan melalui post tes.

Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran, peserta didik lebih termotivasi dan fokus dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. Peserta didik terpacu untuk saling memberi tanggapan hasil jawaban kelompok lain. Melalui media kolam pancing juga sebagai wujud pengimplementasian materi interaksi sosial secara nyata. Dengan demikian pembelajaran lebih berkesan dan bermakna. (*/ida)

Guru IPS SMP Negeri 3 Pringapus Satu Atap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya