alexametrics

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Role Playing

Oleh : Musta’adah ,S.E

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan mulai SD/MI / SDLB / sampai SMP/MTS/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi berkaitan isu sosial.

Pada jenjang SMP mata pelajaran IPS memuat materi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan menjadi warga Negara Indonesia demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.( Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 : 417 )

Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang aktivitas ekonomi masih rendah. Tak terkecuali siswa kelas VII SMP Negeri 01 Bawang, Kabupaten Batang. Kegiatan sehari-hari menunjukan motivasi sebagian besar siswa rendah. Sehingga prestasi belajar menurun pada mata pelajaran IPS khususnya materi aktivitas ekonomi semester genap tahun 2021/2022 .

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri

Hamdani ( 2011:290) menjelaskan motivasi belajar dapat dibangkitkan ,ditingkatkan ,dan dipelihara oleh kondisi –kondisi luar. Dari permasalahan tersebut diperlukan strategi atau metode pembelajaran tepat yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Menurut Suprijono (2011:83 strategi pembelajaran merupakan kegiatan yang dipilih dan dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran .

Role playing atau bermain peran adalah metode pembelajaran sebagai bagian dari simulasi dikerahkan untuk mengkreasi peristiwa sejarah, mengkreasi peristiwa aktual, atau kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang. (Wina Sanjaya, 2013;161).

Dalam memulai pembelajaran IPS kelas 7f di SMPN 01 Bawang tentang aktivitas ekonomi melalui strategi role playing guru menyampaikan materi pelajaran IPS. Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi. Siswa diberi teks percakapan yang berhubungan dengan materi pelajaran. Guru membagi siswa beberapa kelompok, kemudian guru menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario tersebut. Setelah siswa bisa memahami skenario, guru mendorong siswa memerankan skenario drama di depan kelas. Siswa saling mengamati peran yang dilakukan kelompok lain, dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Siswa ada yang berperan produsen, distributor dan konsumen. Dalam bermain peran tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga:  Tingkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring melalui Game Edukasi Quizizz

Siswa menyampaikan hasil pengamatan dalam kelompok serta yang lain menanggapinya. Melalui kegiatan ini siswa dilatih menilai hasil kerja temannya. Tahap akhir siswa dan guru membahas materi aktivitas ekonomi dan melakukan evaluasi.

Melalui strategi pembelajaran role playing diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bawang tahun pembelajaran 2021/2022. Siswa diarahkan lebih peka terhadap lingkungan. Yaitu mampu mengkonstruksi dalam memerankan peran berhubungan dengan aktivitas ekonomi. Strategi pembelajaran role playing dapat memudahkan guru menyampaikan materi dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam materi aktivitas ekonomi. Sehingga prestasi belajar siswa meningkat. (bat1/fth)

Guru IPS SMPN 1 Bawang, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya