alexametrics

Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Puzzle Maker

Oleh : Sri Lestari S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN Matematika seringkali membuat siswa kurang tertarik, malas berhitung, susah. Hal ini terjadi di SMP Muhammadiyah 10 Andong. Karena itu, guru berperan penting dalam mengubah pandangan siswa terhadap pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Thordike (Arifin, 2009) menyatakan belajar akan lebih berhasil apabila respon murid terhadap suatu stimulus segera di ikuti dengan perasaan senang atau kepuasan.

Penambahan permainan dalam pembelajaran memiliki dua aspek positif, yaitu aspek kemenarikan dan aspek mendidik. Aspek kemenarikan diperoleh dari situasi belajar yang santai sambil bermain yang diterapkan dalam pembelajaran. Sedangkan aspek mendidik diperoleh dari penerapan konsep yang dimiliki dengan menerapkan strategi serta kreativitas dari siswa untuk menyelesaikan permainan dalam pembelajaran.

Dengan adanya aspek-aspek tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa. Sehingga siswa tidak cepat jenuh dan bosan dalam pembelajaran. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran Matematika melalui teka-teki silang terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan saraf otak dalam upaya menjernihkan ingatan akan materi pelajaran matematika. Selain itu, metode pembelajaran matematika dengan teka-teki silang juga merangsang siswa untuk berpikir secara aktif, berpikir secara kritis, serta membangkitkan rasa keingintahuan siswa.

Baca juga:  Sejarah dan Pendidikan Sejarah sebagai Pembentuk Identitas Bangsa

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat materi pembelajaran dengan teka-teki silang adalah Puzzle Maker. Selain efektif mengolah kemampuan berpikir siswa, aplikasi Puzzle Maker juga memiliki unsur permainan edukasi yang menarik sehingga bisa mendorong sekaligus memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang hendak disampaikan oleh guru. Banyak fitur yang dimiliki aplikasi Puzzle Maker, mulai dari tools untuk membuat permainan teka-teki silang. Selain itu, terdapat berbagai jenis permainan puzzle yang bisa dimanfaatkan guru untuk menunjang proses pembelajaran Sebagai aplikasi untuk membuat berbagai jenis puzzle, aplikasi ini memang menawarkan banyak kemudahan bagi guru, mulai dari kemudahan cara mengisi kata yang hendak dijadikan pertanyaan maupun jawaban.

Selain itu terdapat beberapa keunggulan lainnya seperti berikut, pertama, bisa dicetak atau diprint secara langsung maupun diubah dalam format Microsoft Word maupun format PDF. Kedua, dalam pemanfaatannya, guru cukup memilih jenis puzzle yang hendak digunakan serta menyiapkan daftar pertanyaan serta jawabannya.

Baca juga:  PMRI Dongkrak Prestasi Belajar Matematika

Tampilannya yang atraktif sangat efektif membangun minat belajar siswa. Terdapat sejumlah jenis permainan yang bisa dibuat dengan Puzzle Maker yang berbasis dengan kata, seperti permainan pencarian kata (Word Search Puzzle), teka-teki ganda (Double Puzzles), Cryptogram Puzzle, Fallen Pharse Puzzle hingga yang paling populer teka-teki silang (Crossword Puzzle). Sebelum memulai membuat teka-teki silang dengan Puzzle Maker, pastikan bahwa daftar pertanyaan atau soal serta petunjuk dan jawaban yang hendak dibuat menjadi teka-teki silang sudah disiapkan. Berikut ini adalah cara membuat teka-teki silang Matematika, pertama, masuk ke situs resmi Puzzle Maker di https://puzzlemaker.discoveryeducation.com/criss-cross. Kedua, nulailah membuat teka-teki silang di Puzzle Maker. Ketiga, beri judul teka-teki silang yang hendak dibuat, dengan jumlah karakter maksimal pada kolom judul sebanyak 49 karakter. Keempat, pilih menu Enter Your Words and Clues untuk mengisi jawaban. Setelah itu beri spasi kemudian isi pula soal atau petunjuk jawaban dengan skema seperti berikut: (jawaban) spasi (petunjuk) kemudian pilih Enter. Centang kolom Show Instruction untuk menampilkan instruksi pengisian TTS. Kelima, periksa kembali tiap jawaban, pertanyaan, serta petunjuk yang telah diisi. Jika dirasa sudah selesai kemudian pilih menu Create My Puzzle. Keenam, jika ingin mencetak teka-teki silang, salin teka-teki dan pindahkan ke Microsoft Word maupun Power Point kemudian print atau cetak.

Baca juga:  Mudah Belajar Materi BRSL dengan Metode Falmus Pagu

Dengan permainan seperti ini, pembelajaran Matematika tentu saja akan terasa berbeda.
Untuk memahami cara membuat teka-teki silang Matematika secara online ini sangat penting.Melalui permainan Teka Teki Silang ini, penulis menyimpulkan bahwa peserta didik merasa lebih terpacu untuk belajar matematika melalui cara yang lebih menyenangkan. Mampu mengekspresikan diri mereka, menambahkan kepercayaan diri serta tidak membosankan. (bat2/ida)

Guru Matematika SMP Muhammadiyah 10 Andong Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya