alexametrics

Menelaah Makna Persatuan dan Kesatuan melalui Nobar Film Kemerdekaan

Oleh : Laili Hidayati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau yang terpisah oleh lautan. Interaksi sosial penduduk di setiap pulau membentuk sebuah adat, budaya, bahasa, dan kepercayaannya masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan terciptanya keberagaman budaya, sosial, bahasa, dan agama yang menjadi ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia. Menurut Syarbaini (2010:43) menyatakan bahwa persatuan mengandung arti dari bersatunya corak yang beraneka ragam yang akan menjadi satu kebulatan yang utuh serta sangat serasi. Kesatuan adalah bentuk ke-Esaan, sifat tunggal atau bentuk keseutuhan (WJS. Poerwadarminta, 2003:30).

Keragaman tersebut merupakan anugerah yang diberikan Tuhan YME kepada bangsa Indonesia. Untuk mensyukuri anugerah tersebut kita harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Keragaman bukanlah penghalang persatuan dan kesatuan, tetapi perekat persatuan dan kesatuan. Untuk itu sebagai bangsa Indonesia kita harus mengetahui makna persatuan dan kesatuan.

Pada muatan pelajaran PPKn kelas 6 Semester 2 kompetensi dasar menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya, peserta didik diharuskan dapat menjelaskan makna persatuan dan kesatuan Indonesia. Untuk dapat menjelaskan makna persatuan dan kesatuan kepada peserta didik, guru hendaknya menjelaskan proses panjang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan Indonesia diperoleh tidak dengan cara yang mudah dan membutuhkan usaha keras bahkan mempertaruhkan nyawa bangsa Indonesia.

Baca juga:  Teknik Finger Painting Peningkat Kreativitas Siswa Belajar Seni Budaya

Konsep persatuan dan kesatuan melambangkan satu kesatuan yang dibangun berdasarkan persamaan nasib, kesatuan budaya, kesatuan wilayah, kesatuan ketuhanan yang maha esa. Meskipun di dalamnya terdapat banyak perbedaan budaya, ras, bahasa, suku serta agama. Namun hal ini tidak akan membatasi semangat untuk kita bersatu dan berpadu mewujudkan tujuan Negara Indonesia. Hal inilah yang ingin penulis coba terapkan pada peserta didik kelas 6 di SD Negeri 02 Sukorejo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan pembelajaran dimulai dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik. Kemudian guru memberi penjelasan materi tentang makna persatuan dan kesatuan. Guru mengajak peserta didik “nobar” film kemerdekaan dan menyuruh peserta didik menuliskan berbagai cara yang bijak untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa lalu mendiskusikannya dengan teman sebangkunya. Setelah peserta didik selesai menonton film kemerdekaan, peserta didik dapat membuat ringkasan dengan menggunakan peta pikiran atau cara lain tentang isi film tersebut.

Baca juga:  Bangkitkan Semangat Belajar Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme

Memang ada sedikit hambatan dalam kegiatan pembelajaran ini. Pada saat menonton film kemerdekaan, para peserta didik awalnya ramai dan kurang tertib. Akan tetapi selama pemutaran film berlangsung, para peserta didik terlihat tertarik dan memperhatikan dengan fokus. Sebagai seorang guru harus dapat mengkondisikan peserta didik agar tetap tenang dan tertib selama pembelajaran. Jika pembelajaran dapat berlangsung sesuai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) maka tujuan pembelajaran dapat tercapai sepenuhnya.

Pada kegiatan penutup peserta didik diminta membuat resume dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Setelah itu guru memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah. Tidak lupa guru memberi kesimpulan tentang makna persatuan dan kesatuan yang telah dipelajari.

Baca juga:  Konseling Individu untuk Membangun Potensi Siswa

Belajar sambil “nobar” film membuat peserta didik lebih semangat. nPeserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan materi yang disampaikan oleh guru lebih terserap dan dipahami peserta didik. Penggunaan media “nobar” film terbukti membantu guru mencapai tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. (kj1/ton)

Guru Kelas 6 SD Negeri 02 Sukorejo, Kec. Kesesi, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya