alexametrics

Game Word Search Flora Fauna Indonesia Dongkrak Motivasi Belajar IPS

Oleh: Hindah Wasis Hardaningtiastuti, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, FLORA fauna Indonesia bagian kompetensi materi semester ganjil yang terdapat dalam pelajaran IPS yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Urutan materi yang harus dipelajari meliputi persebaran flora Indonesia, pengelompokan serta fauna Indonesia bagian barat, fauna Indonesia Bagian tengah atau tipe peralihan, fauna Indonesia Bagian timur. Siswa menganggap proses belajar IPS sangat membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan yang menyebabkan mereka kurang termotivasi belajar.

Siswa diharapkan setelah mempelajari materi flora dan fauna Indonesia mampu menjelaskan kembali persebaran flora Indonesia, pengelompokan serta fauna Indonesia bagian barat, fauna Indonesia Bagian tengah atau tipe peralihan, fauna Indonesia Bagian timur.
Banyaknya indikator pencapaian kompetensi materi flora fauna Indonesia serta tujuan pembelajaran yang mengharapkan. Menuntut siswa memahami dan menjelaskan kembali baik dalam bentuk presentasi maupun membuat pengelompokkan fauna Indonesia bagian barat, bagian tengah dan bagian timur. Mengetahui masalah yang dihadapi siswa, mendorong guru untuk menganalisis dan menggunakan game education berupa merangkai kata (Game wordsquare) dijadikan alternatif untuk mendongrak motivasi belajar IPS.

Baca juga:  Uniknya Unggah-Ungguh Basa di Kurikulum Merdeka

Game wordsquare dijadikan solusi guru sebagai media pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 4 Batang. Game wordsquare sangat tepat dipilih untuk mempelajari materi flora fauna Indonesia. Mengingat game wordsquare bagian media pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan. Siswa harus kejelian untuk mencocokkan jawaban pada kotak-kotak wordsquare seperti teka-teki silang. Perbedaannya sudah ada jawaban namun disamarkan dengan menambahkan kotak dengan huruf pengecoh.

Cara pembuatan Game wordsquare dengan menentukan topik materi pelajaran yang akan dipelajari. Pertanyaan-pertanyaan dibuat dengan jawaban berupa kata kunci materi. Kata-kata kunci atau jawaban pertanyaan tersebut dibuat sesuai tujuan yang hendak dicapai. Kata kunci dibuatkan kotak-kotak wordsquare. Isi kotak-kotak wordsquare dengan huruf sesuai kata kunci, selain itu ada kotak yang dilebihkan untuk diisi huruf pengecoh.

Baca juga:  Metode Talking Stick Tingkatkan Belajar Bahaya Narkoba

Pengaplikasian game wordsquare dalam pembelajaran yang difasilitasi oleh guru. Diawali meminta siswa membaca buku terkait materi flora dan fauna Indonesia. Membagi siswa menjadi 7 atau 8 kelompok, masing-masing kelompok berisi empat atau lima orang siswa. Komposisi kelompok sebaiknya heterogen baik jenis kelamin maupun kemampuan akademiknya. Langkah selanjutnya guru tayangan power point materi yang harus diperhatikan siswa.

Guru membagikan lembar game wordsquare yang harus dimainkan secara berkelompok. Masing-masing kelompok berdiskusi menjawab 10 pertanyaan. 5 pertanyaan mendatar dan 5 pertanyaan menurun. Jawaban yang berupa kata kunci dicocokkan dengan kotak wordsquare. Kata kunci yang terjawab diarsir atau diberi warna dengan stabilo pada lembar game wordsquare yang tersedia. Semua kelompok harus sudah menyelesaikan semua pertanyaan dengan baik, selanjunya setiap kelompok secara bergantian menunjukkan hasil kreatifitas mereka dengan mempresentasikannya. Antarkelompok Selama presentasi berlangsung saling menanggapi hasil diskusi kelompok lain. Guru ikut andil dalam mengkoordinir jalannya presentasi agar lancar. Aktivitas siswa secara individu maupun kelompok selama pembelajaran diamati guru untuk merekfleksi proses pembelajaran. Akhir kegiatan guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan materi pelajaran.

Baca juga:  Terapkan Pupet pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Siswa terlihat antusias dan termotivasi melakukan diskusi kelompok. Semua anggota kelompok saling memotivasi anggota kelompoknya agar mereka berani mengemukakan pendapat, merespon, bertanya dan menjawab pertanyaan. Siswa sangat senang dan aktif selama bermain game wordsquare. Lembar game wordsquare yang sudah terisi dipajang di dinding kelas agar sewaktu-waktu dapt dibaca kembali untuk belajar. (bat2/zal)

Guru SMP Negeri 4 Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya