alexametrics

Belajar Matematika yang Menyenangkan dengan Metode Gasing

Oleh : Susiloningsih S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN matematika masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar peserta didik. Terutama di SMP Negeri 17 Kota Pekalongan yang sebagian besar peserta didiknya berasal dari daerah pinggiran pantai utara Jawa dengan pekerjaan orang tua rata-rata sebagai nelayan.

Peserta didik kurang maksimal dalam kegiatan Belajar Mengajar karena orang tua kurang memotivasi putra/putrinya. Peserta didik merasa malas untuk belajar, jika mempelajari pelajaran yang dianggap sulit seperti mata pelajaran Matematika. Karena itu, guru matematika dituntut bisa memotivasi belajar peserta didik juga mencari metode pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik merasa nyaman, tidak malas belajar, tidak takut lagi dan malah merasa senang dengan mata pelajaran matematika.

Penulis melakukan pembelajaran menggunakan metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) yang diciptakan oleh Prof Yohanes Surya. Sebab dalam matematika Gasing dideskripsikan sebagai proses pembelajaran yang membuat peserta didik ketika belajar matematika merasa gampang, asyik, dan menyenangkan. Metode ini dirancang agar siswa dapat mempelajari matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Tujuannya adalah agar image matematika itu sulit bisa terbantahkan.

Baca juga:  Belajar Aritmatika Sosial Lebih Menyenangkan dengan Metode Sosiodrama

Surya dalam Siregar dkk (2013), matematika Gasing merupakan suatu cara belajar matematika dengan lebih gampang, asyik dan menyenangkan yang dilakukan langkah demi langkah untuk mencapai hasil yang diharapkan selama pembelajaran matematika. Dalam metode gasing, proses pembelajaran matematika dilakukan secara bertahap, setiap langkah disusun sedemikian rupa dan penguasaan materi dibangun dari materi sebelumnya. Dengan demikian, peserta didik dapat melihat korelasi antara satu konsep dengan konsep lainnya tanpa melupakan konsep yang sudah dipelajari sebelumnya. Dengan metode ini, peserta didik juga dibiarkan untuk bermain dan berekplorasi dengan alat peraga sehingga mereka benar-benar dapat mengetahui konsep yang sedang dipelajari. Sehingga mereka dapat memahami hal-hal abstrak melalui hal konkrit agar lebih mudah dipahami.

Baca juga:  Peran Orangtua Menunjang Keberhasilan PJJ Matematika

Salah satu ciri khas lain dari metode Gasing adalah peserta didik dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat. Selain itu, pembelajaran matematika Gasing disampaikan dengan cara yang menyenangkan, selain bermain dengan alat peraga, anak-anak menyanyikan lagu untuk menghafal perkalian misalnya, atau bermain sebuah “games” berhitung yang seru. Dengan begitu peserta didik terdorong untuk belajar terus menerus tanpa paksaan, ini yang dimaksud dengan asyik dan menyenangkan dalam Gasing. Dengan pembelajaran metode Gasing yang efektif dan menyenangkan ini, maka peserta didik dapat menyelesaikan seluruh materi matematika sesuai dengan target kurikulum yang diberlakukan.

Jadi, dengan pembelajaran menggunakan metode Gasing menjadikan peserta didik merasa termotivasi dan senang serta tidak takut lagi dengan mata pelajaran matematika. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran matematika, dengan demikian hasil belajaran matematika dapat meningkat. Keberhasilan di mata pelajaran matematika dapat menjadi inspirasi bagi mata pelajaran yang lain sehiungga hasil belajar semua mata pelajaran dapat meningkat dan menjadikan sekolah berhasil dalam mengemban amanat untuk mencerdaskan anak bangsa. (bat2/ida)

Baca juga:  Belajar Upacara Panggih lebih Bermakna dan Menyenangkan dengan Role Play

Guru Matematika SMP Negeri 17 Kota Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya