alexametrics

Wall Volley, Tingkatkan Kemampuan Passing Bawah

Oleh : Adi Suprayitno, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Permainan bola voli adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan dengan cara memukul bola agar melewati bagian atas net yang ada di tengah lapangan. Agar mendapatkan skor, pemain dalam satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan. Sehingga bola terjatuh di daerah pertahanan lawan.

Meski termasuk olahraga permainan beregu, namun penguasaan teknik dasar secara individual mutlak diperlukan dalam permainan bola voli. Seperti dikatakan Suharno (1984: 12) bahwa penguasaan teknik dasar permainan bola voli harus benar-benar dilakukan. Sebab penguasaan teknik dasar permainan bola voli merupakan unsur yang turut menentukan menang kalahnya regu dalam pertandingan. Disamping kondisi fisik, taktik dan mental.

Teknik dasar permainan bola voli yang harus dikuasai diantaranya passing bawah. Teknik passing bawah memiliki banyak tujuan. Jika kita menerima bola dari tim lawan, maka bisa menggunakan teknik ini untuk menerima bola, menangkis serangan, dan melakukan serangan balik ke area pertahanan lawan. Dengan passing bawah, juga bisa mengendalikan permainan dengan mengatur strategi tanpa harus membuat bola terjatuh di area sendiri.

Baca juga:  Serunya Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Game Based Learning

Cara passing bawah normal atau passing bawah dengan dua tangan sebagaimana yang dikatakan oleh M. Yunus ( 1992 : 79 ) yaitu sikap permulaan, gerak pelaksanaan, dan gerak lanjutan.

Sikap permulaan dilakukan dengan mengambil sikap siap normal dalam permainan bola voli. Yaitu kedua lutut ditekuk dengan badan sedikit dibengkokkan ke depan, berat badan menumpu pada telapak kaki bagian depan untuk mendapatkan suatu keseimbangan labil agar dapat lebih mudah dan lebih cepat bergerak ke segala arah. Kedua tangan saling berpegangan, yaitu : punggung tangan kanan diletakkan di atas telapak tangan kiri kemudian berpegangan.

Gerak pelaksanaan dimulai dengan mengayunkan kedua lengan ke arah bola, dengan sumbu gerak pada persendian bahu dan siku betul-betul dalam keadaan lurus. Perkenaan bola pada bagian proksimal dari lengan, di atas dari pergelangan tangan dan pada waktu lengan membentuk sudut sekitar 45 derajat dengan badan, lengan diayunkan dan diangkat hampir lurus.

Baca juga:  Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Gerak lanjutan dimulai setelah ayunan lengan mengenai bola. Kaki belakang melangkah ke depan untuk mengambil posisi siap kembali dan ayunan lengan untuk passing bawah ke depan tidak melebihi sudut 90 derajat dengan bahu/badan.

Begitu pentingnya teknik passing bawah, sehingga perlu adanya metode pembelajaran efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan passing bawah. Khususnya pada siswa SMP Negeri 1 Kandeman Kelas VII. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan metode wall volley. Wall volley adalah salah satu latihan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli. Cara melakukan wall volley adalah dengan memantulkan bola ke dinding kemudian bola yang memantul di passing kembali ke arah dinding tanpa terjatuh secara berulang-ulang sesuai kemampuan siswa.

Baca juga:  Asyiknya Praktik Membuat Tape dengan Teknik Bioteknologi

Pada proses pembelajaran, siswa diberikan tugas melempar bola ke dinding kemudian memukul bola dengan teknik passing bawah ke arah dinding. Bola hasil pantulan kemudian di passing kembali ke arah dinding secara terus menerus tanpa terjatuh. Siswa lain yang menjadi pasangannya diberikan tugas menghitung jumlah passing yang dilakukan selama 60 detik. Penambahan beban latihan dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit sesuai kemampuan siswa. Dengan metode latihan seperti ini, siswa akan termotivasi meningkatkan jumlah passing yang dilakukan.

Setelah latihan passing bawah dengan metode wall volley, kemampuan siswa dalam melakukan teknik passing bawah meningkat signifikan. Dari hasil tes passing bawah yang dilakukan selama 60 detik, 85 persen siswa lulus KKM. (bat2/fth)

Guru Penjas SMPN 1 Kandeman, Kab. Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya