alexametrics

Seesaw Tingkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Pemanasan Global

Oleh : Wuryanto Puji Siswoyo, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memunculkan beberapa masalah dalam proses interaktif siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan pengamatan di SMP Negeri 3 Satu Atap Borobudur terdapat penurunan keaktifan siswa selama PJJ. Ada beberapa alasan antara lain siswa merasa bosan, pembelajaran kurang menarik dan pembelajaran monoton. Berdasarkan temuan tersebut diperlukan solusi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa selama PJJ. Salah satunya adalah dengan penggunaan platform Seesaw.

Menurut Khusnul Qotimah (2018) Seesaw merupakan platform pembelajaran yang memungkinkan setiap siswa memiliki jurnal pembelajaran kolaboratif. Melalui Seesaw siswa dapat berbagi konten dengan siswa lain di dalam kelas tersebut. Guru dapat pula langsung berbagi teks, gambar, video dan tautan yang dapat diakses oleh siswa melalui gawai ataupun komputer.

Kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh keaktifan siswa sehingga siswa akan memiliki ketertarikan dalam mempelajari materi pelajaran. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2006) keaktifan siswa dapat diamati dari kegiatan membaca, mendengarkan, menulis, memeragakan dan mengukur. Pada pembelajaran PJJ tentu saja tidak semua keaktifan siswa dapat diamati, akan tetapi respons siswa pada pembelajaran melalui Seesaw tersebut dapat menjadi gambaran tingkat keaktifan siswa.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Metode NHT

Penggunaan Seesaw pada materi Pemanasan Global didahului dengan pemberian apersepsi dan motivasi dari guru berupa video. Kemudian guru membimbing siswa mendiskusikan permasalahan yang ada di dalam video tersebut melalui chatt. Siswa secara aktif menanggapi pertanyaan yang diajukan guru. Sekitar 40 persen dari siswa didalam kelas memberikan respons.

Langkah selanjutnya, pemberian materi pelajaran melalui berbagai macam bentuk penyampaian seperti gambar, video, link ataupun file. Kemudian siswa berdiskusi dan mempelajari materi tersebut secara mandiri. Guru dapat memberikan tugas secara lisan ataupun tertulis.
Siswa kemudian mengunggah tugas ke dalam aktivitas yang diposting guru. Bentuk penyelesaian tugas dapat berupa foto, berupa teks, video ataupun dalam bentuk pdf dan suara. Pada tugas materi Pemanasan Global siswa yang aktif dalam mengunggah tugasnya terjadi peningkatan dari minggu pertama sebesar 72 persen menjadi 74 persen pada minggu kedua. Siswa juga semakin kreatif dalam mengerjakan tugas yang diberikan yaitu berupa narasi dampak pemanasan global dan poster pemanasan global. Siswa mengunggah tugas dengan kreasi masing-masing, tentu saja hal ini akan mengajarkan kreativitas bagi siswa.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Bercerita dengan Gambar Seri

Melalui penggunaan Seesaw ini juga siswa diajarkan untuk memberikan penilaian kritis terhadap jawaban atau karya siswa lainnya. Dengan demikian siswa telah menerapkan pembelajaran bernalar kritis, dan keterampilan berkomunikasi atau menyampaiakn pendapat. Sementara siswa yang dinilai memperoleh pembelajaran sikap menerima pendapat orang lain. Siswa akan mengetahui kelebihan dan kelemahannya dari pandangan-pandangan siswa lain dan juga dari feedback dari guru.

Tentu saja penggunaan Seesaw membutuhkan pengetahuan literasi digital yang baik dari siswa. Siswa dapat belajar menggunakan platform ini dengan segala fitur yang ada di dalamnya seperti jurnal, aktivitas, kotak masuk, dan kalender. Meskipun fitur Seesaw relatif sedikit namun sudah cukup baik untuk digunakan dalam pembelajaran daring.

Baca juga:  Menulis Teks Deskripsi dengan Pendekatan TBA dan Snowball Throwing

Melalui pembelajaran berbasis Seesaw dapat ditarik kesimpulan bahwa keaktifan siswa akan meningkat. Selain itu Seesaw juga meningkatkan daya kreatif siswa dan bernalar kritis bagi siswa. Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan literasi digital siswa. (mj/lis)

Guru IPA di SMPN 3 Satu Atap Borobudur, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya