alexametrics

Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng dengan Audio Visual

Oleh : Iskanah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menyimak selalu digunakan dalam kehidupan manusia karena manusia selalu dituntut untuk menyimak, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Peran penting penguasaan keterampilan menyimak sangat tampak di lingkungan sekolah. Keberhasilan peserta didik dalam memahami serta menguasai pelajaran diawali oleh kemampuan menyimak yang baik.

Tarigan (1991:4) menyatakan bahwa menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterpretasi, menilai, dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1994:94) disebutkan bahwa menyimak adalah mendengarkan (memperhatikan) baik-baik apa yang diucapkan atau dibaca orang.

Hambatan-hambatan yang teridentifikasi dalam pembelajaran menyimak dongeng peserta didik kelas VI SD Negeri Sidorejo Lor 04, faktor pertama adalah pemahaman siswa terhadap keterampilan menyimak masih kurang. Siswa kurang memahami teori dan manfaat menyimak. Untuk itu, guru harus memberikan pengetahuan kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan menyimak dan perannya dalam kehidupan mereka.

Baca juga:  Perlunya Perhatian Khusus Pendidikan Karakter di Masa setelah Pandemi Covid -19

Faktor kedua ialah siswa merasa kurang mendapat manfaat dari belajar menyimak dongeng sehingga kurang termotivasi untuk belajar. Hal ini terjadi karena siswa beranggapan bahwa mendengarkan dongeng adalah hal biasa yang sering mereka lakukan ketika kecil. Melihat kenyataan ini guru harus memberitahukan manfaat menyimak dongeng sebelum memulai pelajaran.

Faktor ketiga media pembelajaran menyimak yang kurang mencukupi dan belum dimanfaatkan secara efektif. Media seperti tape recorder jumlahnya terbatas sehingga penggunaannya harus bergantian dan menyesuaikan dengan kegiatan lain yang memanfaatkan media tersebut. Dalam proses belajar mengajar guru terkadang enggan menggunakan media yang ada karena pemanfaatannya memerlukan berbagai persiapan, sehingga media tidak difungsikan secara efektif.

Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyimak dongeng diharapkan membangkitkan rasa ingin tahu dan minat peserta didik serta memotivasi untuk belajar. Media audio visual juga diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan informasi yang disampaikan.

Baca juga:  Atasi Kendala PJJ dengan Personally In Touch (PIT)

Pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio visual. Pada pelaksanaan pembelajaran peserta didik menyimak dongeng dari VCD. Kegiatan selanjutnya ialah mendiskusikan isi dongeng dan menyampaikan hasil diskusi. Kegiatan dilanjutkan dengan refleksi hasil yang dilakukan guru dan peserta didik. Pada kegiatan akhir peserta didik diminta menjawab pertanyaan secara tertulis dan merefleksi proses pembelajaran.

Untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menentukan relevansi dongeng dengan situasi sekarang dan membuat ungkapan maka guru berusaha memberi contoh serta menyarankan agar meminjam kamus untuk digunakan dalam kegiatan diskusi kelompok. Guru juga memperkenankan peserta didik membawa buku yang berkaitan dengan ungkapan. Untuk peserta didik yang berperilaku negatif penulis berusaha bertindak tegas dan guru kolaborator juga membantu memberi peringatan pada peserta didik tersebut. Perbaikan lain yang dilakukan yaitu presentasi hasil kerja kelompok tidak hanya dilakukan oleh satu kelompok. Hal ini untuk memudahkan peserta didik dalam memperoleh gambaran mengenai hal-hal yang harus mereka pahami dari dongeng yang disimak.

Baca juga:  Meningkatkan Pemahaman Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN dengan Akronim

Berdasarkan hasil nilai, peserta didik mengungkapkan rasa senangnya terhadap pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio visual karena dapat disimak sekaligus dilihat gambarnya. Hal ini menjadikan siswa tersebut lebih mudah dalam menerima dan memahami isi dongeng.

Dengan adanya peningkatan nilai rata-rata peserta didik membuktikan bahwa pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio visual dapat memotivasi siswa dalam menyimak dan akhirnya berpengaruh terhadap penguasaan keterampilan menyimak khususnya menyimak dongeng. (igi2/ton)

Guru Kelas VI SD Negeri Sidorejo Lor 04 Kota Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya