alexametrics

Kiat Sederhana Cakap Berbicara Bahasa Inggris

Oleh : Irna Nurnaningsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bingung cara ngomong dengan bahasa Inggris bagaimana? Padahal di otak banyak sekali kata-kata yang ingin disampaikan. Tapi mendadak diam seribu bahasa karena harus menyampaikan dalam Bahasa Inggris.

Pernah tidak kalian mengalami hal seperti itu? Atau, suatu hari ketika berpapasan dengan guru bahasa Inggris di lorong sekolah mendadak merasa takut dan kuatir kalau kalau disapa dan ditanya dalam Bahasa Inggris oleh guru. Akhirnya, harus mengambil langkah seribu berbalik arah demi terhindari dari kejadian itu. Atau memilih mengirim pesan kepada guru lewat WA saat menanyakan tugas-tugas dibandingkan bertanya langsung. Takut kalau harus diajak komunikasi dalam Bahasa Inggris. Jika jawabannya pernah, janganlah kuatir! Karena diluar sana banyak yang mengalami hal serupa.

Bahasa Inggris di Indonesia memang kedudukannya berbeda dengan beberapa negara lain. Di Malaysia misalnya bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa kedua atau English as Second Language (ESL). Dalam posisi tersebut, Bahasa Inggris mempunyai peran penting di semua aspek kehidupan. Baik aspek ekonomi, politik, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. Bahasa Inggris juga dipakai bahasa sehari-hari selain bahasa nasional Malaysia. Sehingga masyarakat di sana sudah diperkenalkan Bahasa Inggris sejak dini. Menjadi masyarakat Active English atau mempunyai kemampuan Bahasa Inggris aktif.

Baca juga:  Flipped Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran IPS pada PTM Terbatas

Sementara di Indonesia, Bahasa Inggris dinyatakan sebagai bahasa asing atau English as Foreign Language (EFL). Posisi Bahasa Inggris sebagai EFL tidak memberikan kesempatan masyarakat untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris secara maksimal. Lingkungan tidak mendukung secara aktif. Bahasa Inggris hanya diperkenalkan di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan dengan lebih menekankan textbook, penguasaan bahasa tulis dan lebih mengarah pada tata Bahasa (grammar).

Dari paparan di atas dapat disimpulkan wajar ketika orang Indonesia khususnya pelajar mengalami kesulitan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Namun apakah kemudian harus tinggal diam dengan kewajaran ini? Apakah tidak ada niat untuk meraih ketidakwajaran tadi? Sehingga sebagai pelajar menjadi mahir, piawai dan lancar berbahasa Inggris.

Baca juga:  Peranan Media Daring dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Ada beberapa kiat menjadi Active English atau orang yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Pertama, jangan terlalu memikirkan Grammar (tata bahasa). Mempelajari grammar keharusan, tetapi jika terlalu fokus akan mencegah untuk berbicara Bahasa Inggris dengan lancar. Bagi pemula dan ingin lancar Bahasa Inggrisnya maka fokuskanlah untuk memperbanyak kosakata. Kedua, seringlah mendengarkan lagu Bahasa Inggris. Membiasakan diri dan menyukai lagu-lagu Bahasa Inggris cara efektif cepat menguasai Bahasa Inggris. Membuat terbiasa mendengar kata-kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris.

Ketiga, menonton film berbahasa Inggris. Manfaat menonton film luar negeri sangat besar. Dari film kita dapat belajar mengenal ungkapan dan kalimat baku maupun tidak baku yang diucapkan aktornya. Hal itu membuat kita terbiasa dengan kata, kalimat, ungkapan dari penutur asli atau native speaker. Yang terakhir, sering-seringlah berbicara dalam Bahasa Inggris. Praktik adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan jika ingin lancar berbahasa Inggris. Sebab sebanyak apapun dapat mengingat kata, frase, kalimat atau bahkan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris, namun jika jarang praktik maka saat akan berbicara dalam Bahasa Inggris menjadi canggung dan lupa segalanya.

Baca juga:  Media TTS Dorong Peserta Didik Gemar Membaca Kitab Suci

Cobalah kiat-kiat diatas agar kemampuan berbicara bisa meningkat. Kita bisa percaya diri berdiri sambil berbicara Bahasa Inggris dengan siapapun, termasuk dengan guru Bahasa Inggris kita atau dengan native speaker. (bat2/fth)

Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kandeman

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya