alexametrics

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Secara Efektif dan Sederhana

Oleh : Sularsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di zaman modern, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa universal. Tak hanya bisnis dan ekonomi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seringkali harus dikejar dengan menguasai bahasa Inggris.

Begitu pentingnya penguasaan bahasa Inggris sehingga diajarkan sejak dini di sekolah. Menjadi salah satu persyaratan penting dalam pekerjaan. Tapi harus diakui, kebanyakan peserta menganggap bahasa Inggris pembelajaran yang sulit. Karena mereka tidak terbiasa menggunakannya setiap hari. Sehingga kosakata yang dimiliki rendah dan tidak mengetahui tata bahasa.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, penulis menggunakan beberapa cara sederhana yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris peserta didik. Yaitu 1) Membaca. Untuk mengasah kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris adalah dengan banyak membaca literatur bahasa Inggris. Ini memang tidak mudah, mengingat kebiasaan membaca siswa masih rendah. Tetapi guru bisa memanfaatkan buku paket pelajaran dengan menyuruh siswa membaca dengan keras. Tidak masalah jika awalnya siswa kesulitan dalam memahami apa yang dibaca. Siswa juga tidak perlu selalu buka kamus. Siswa didorong untuk membaca dengan suara yang keras ketika di rumah.

Baca juga:  Covid-19 Memantik Ide Segar Menulis Puisi dalam Pembelajaran Daring

2) Mengamati. Mengamati disini tentu saja mengamati segala hal yang berhubungan dengan bahasa inggris di sekitar siswa. Siswa diminta memperhatikan film-film berbahasa inggris, dan mencobanya untuk lebih menghayati dialognya tanpa terlalu sering melihat subtitle. Observasi secara visual seperti ini akan memberikan persepsi yang lebih baik, sehingga siswa akan lebih terbiasa. 3) Menulis. setelah banyak membaca dan mengamati, pemahaman siswa diharapkan lebih meningkat. Tetapi hal ini masih menjadikan siswa dalam kategori pengguna bahasa Inggris pasif.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan, siswa didorong menulis dalam bahasa Inggris. Siswa diminta melatih diri menerjemahkan curhatan yang biasa ditulis dalam diary atau review. Kadang tata bahasa masih belum benar, tetapi tidak masalah. Yang penting siswa bisa berlatih membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris. Menulis kosa kata yang baru dikenal adalah salah satu cara terbaik dan termudah menghafalkannya. Dengan menuliskan rangkaian kalimat dalam bahasa Inggris siswa akan menjadi lebih mudah mengevaluasi kesalahan tata bahasa.

Baca juga:  Belajar Preposition Efektif di Rumah melalui WHITEBOARD.fi

4) Praktek berbicara. Tata bahasa yang bagus tidak akan ada artinya kalau tidak pernah mempraktekkan dalam percakapan. Karena tujuan bahasa adalah berkomunikasi. Maka siswa harus belajar mengkomunikasikannya secara lisan dalam bahasa Inggris. Kuncinya berusaha agar orang lain mengerti apa yang disampaikan dalam bahasa inggris terlebih dahulu. Setelah terbiasa berbicara menggunakan bahasa inggris, secara otomatis siswa akan belajar untuk memperbaiki tata bahasa yang digunakan dalam berbicara.

5) Manfaatkan game dan media sosial. Ini adalah salah satu cara paling mudah yang digunakan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Manfaatkan semua media sosial yang dikuasai siswa untuk belajar bahasa Inggris. Setting akun medsos dengan menggunakan bahasa Inggris. Carilah teman dunia maya yang sesuai dan sebaya menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Seringlah berinteraksi dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan siswa meningkat. (wa2/fth)

Baca juga:  Mudah Balajar Speaking dengan Metode Guess The Word

Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Wonotunggal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya