alexametrics

Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Snowball Throwing

Oleh: Eka Trisnawati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah hal yang sangat kompleks, dan menjadi salah satu dari tolak ukur kemajuan sebuah negara. Keberhasilan proses pembelajaran sangatlah penting. Keberhasilan terwujud jika proses belajar mengajar mampu mengoptimalkan segala potensi peserta didik.

Penulis memilih materi kalimat tanya pada mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas III SD N 02 Penusupan. Dalam dunia pendidikan banyak siswa belum mampu membuat kalimat tanya. Padahal merupakan salah satu kemampuan penting selain kemampuan menjawab pertanyaan. Dengan kemampuan membuat kalimat tanya siswa akan aktif dalam pembelajaran, siswa memiliki rasa ingin tahu dan berani mengungkapkan gagasan dalam bentuk pertanyaan.

Dari hasil penelitian dan observasi di kelas III SDN 02 Penusupan banyak siswa belum mampu dan mengalami kesulitan dalam membuat kalimat tanya. Dari 28 siswa hanya sebagian yang mampu menyelesaikan tugasnya.

Baca juga:  Metode Demonstrasi Meningkatkan Pemahaman Matematika

Dari persoalan tersebut, guru menggunakan metode pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat kalimat tanya. Dalam penerapan model pembelajaran ini, siswa tidak hanya sebatas mendengarkan dan mengerjakan tugas guru. Siswa diarahkan untuk aktif membuat kalimat tanya. Pertama guru menjelaskan materi secara garis besar, kemudian siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok diwakili satu siswa untuk membacakan bacaan. Sedangkan siswa lain mendengarkan dan menyimak. Kemudian siswa diberi lembar kegiatan untuk berdiskusi. Siswa membuat sebuah pertanyaan dari bacaan dan dibentuk bola. Siswa melempar bola pertanyaan pada kelompok lain. Kelompok yang berhasil menjawab berhak melempar bola pada kelompok lain. Dilanjutkan sampai selesai dan semua kelompok mendapatkan giliran melempar pertanyaan.

Dengan metode snowball throwing siswa lebih mudah dan lebih aktif membuat kalimat tanya. Karena siswa dituntut aktif dalam kelompok untuk melakukan diskusi. Sehingga mampu membuat kalimat tanya berdasarkan cerita. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen wawancara dengan format wawancara terbuka, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik tes adalah butir-butir soal tes membuat kalimat tanya. Validasi yang digunakan menggunakan uji validitas.

Baca juga:  Stop Bullying di Sekolah Dasar melalui Penanaman Pendidikan Karakter

Hasil penelitian adalah pertama penerapan Snowball Throwing pada siswa telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP. Hal ini dapat dilihat hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 74,21 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 93,75 (sangat baik). Hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 72,22 (cukup baik) sedangkan siklus II menjadi 90 (sangat baik).

Kedua terdapat peningkatan hasil belajar pada materi Kalimat tanya mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 02 Penusupan. Nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 57,8 persen (tidak baik) menjadi 88,9 persen (baik) pada siklus II serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 44,4 persen jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 88,9 persen jumlah siswa tuntas.

Baca juga:  Blended Learning Mudahkan Siswa Belajar Sistem Pencernaan Manusia

Dengan metode snowball throwing membantu siswa membuat kalimat tanya. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran membuat kalimat tanya dengan menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III di SD Negeri 02 Penusupan. (bat2/fth)

Guru SD Negeri 02 Penusupan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya