alexametrics

Pembelajaran Seni Budaya Lebih Efektif dengan Metode Segmentasi

Oleh : Titik Sumarni S.Sn

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, METODE segmentasi merupakan metode mengajar yang cocok diterapkan dalam pengajaran seni budaya. Metode mengajar ini akan membantu siswa memperbaiki kemampuan membaca dan menulis mereka. Selain itu, kemampuan siswa untuk mengingat kembali materi yang diajarkan juga akan mengikat melalui metode segmentasi. (Wiartika, 2007).

Metode segmentasi sangat mudah diterapkan karena sebagaian besar aktivitas dilakukan oleh siswa. Sedangkan guru lebih berperan sebagai koordinator. Aktivitas yang dilakukan siswa meliputi membaca, melihat, mendengarkan, dan membahas materi yang diajarkan. Proses mengajar dengan metode segmentasi dimulai dengan membagi aktivitas dalam kelas menjadi lima tahap, yaitu, pembelajaran, tugas membaca, latihan menulis, diskusi, dan analisis diskusi.

Dalam penerapan metode segmentasi pada pelajaran seni budaya di kelas VIII SMP Negeri 2 Wonotunggal, penulis melaksanakan beberapa tahap, di antaranya mengalokasikan waktu aktivitas yang tidak terlalu lama. Pelajaran dimulai dengan pengajaran singkat dari guru yang menjelaskan kerangka/garis besar dari pelajaran yang akan dipelajari saat itu. Kemudian siswa diminta membaca materi kurang lebih 10 menit. Beberapa materi penting dapat dimintakan untuk dibaca oleh seorang siswa dengan suara nyaring, dan siswa yang lain mengikuti dalam hati.

Baca juga:  Belajar Negara ASEAN Menggunakan TTS pada Masa Work From Home

Aktivitas membaca dilanjutkan dengan latihan soal dengan model esai. Jumlah soal cukup 1-3 soal dan diambil dari materi yang dibaca dalam sesi membaca.

Setelah setiap siswa menyelesaikan jawaban, guru meminta 4-6 siswa membentuk satu grup, kemudian perwakilan kelompok ditugaskan membacakan jawaban dengan suara keras di hadapan grup lainnya.

Dalam pembelajaran menggunakan metode segmentasi, siswa diajak aktif. Dibagi dalam kelompok kecil yang memungkinkan setiap anggota saling berinteraksi. Yang perlu diperhatian, siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam setiap forum diskusi. Semakin banyak siswa terlibat dan menyumbang pikirannya, semakin banyak yang dapat dipelajari.

Berdasarkan karakteristik pelajaran seni budaya, lebih tepat disajikan dengan metode segmentasi. Metode ini dapat membangkitkan, mendorong, menuntun atau membimbing pemikiran yang sistematis, kreatif, dan kritis pada siswa. Dengan demikian materi yang disampaikan oleh guru lebih mudah dipahami dan hasil belajar siswa bisa meningkat.

Baca juga:  Memahami Karakteristik Pembelajaran Seni Budaya

Tujuan utama penerapan metode pembelajaran segmentasi, agar siswa memahami suatu konsep dengan pendekatan analitis dan logis. Adanya diskusi yang membahas berbagai kasus atau permasalahan selama pembelajaran, menjadikan siswa lebih semangat dalam mengasah berpikir logis, komunikatif, mampu mengeluarkan pendapat, serta bekerjasama dalam kelompok.

Metode segmentasi menjembatani antara konsep dengan realita di lapangan. Meningkatnya aktivitas siswa turut mengurangi dominasi guru. Guru hanya berfungsi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Metode segmentasi sebagai metode mengajar dalam mata pelajaran seni budaya mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan penguasaan materi pembelajaran. Sehingga guru dapat menggunakan metode ini dalam proses pembelajaran selanjutnya sesuai kebutuhan.

Hal ini sejalan dengan konsep belajar sebagai proses perubahan melalui kegiatan atau prosedur latihan, baik latihan di dalam laboratorium maupun di lingkungan alamiah. Segala perubahan tingkah laku yang berbentuk kognitif, afektif, maupun psikomotorik terjadi, karena proses pengalaman sebagai perilaku belajar (Sukmadinata, 2005).

Baca juga:  Gerakan Literasi Sekolah

Ini sejalan dengan makna pembelajaran yang merupakan aktivitas guru berupa kegiatan penciptaan sistem lingkungan agar mental dan pikiran anak terdorong dan terangsang untuk melakukan aktivitas belajar (Saputra, 2001). (wa2/ida)

Guru Seni Budaya SMPN 2 Wonotunggal, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya