alexametrics

Metode Make A Match untuk Penguasaan Vocabulary

Oleh: Dyah Tresnowati,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris digunakan sebagai bahasa internasional yang berfungsi sebagai alat komunikasi di seluruh dunia. Menurut sumber Education Firs-Kecakapan dan penguasaan Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan. Terlebih, kecakapan Bahasa Inggris merupakan salah satu syarat utama dalam dunia kerja. Sayangnya kecakapan Bahasa Inggris yang dimiliki sumber daya manusia Indonesia ternyata masih dinilai rendah yaitu berada diperingkat 74 dari 100 negara.

Rendahnya kemampuan Bahasa Inggris karena rendahnya penguasaan kosakata. Kebanyakan siswa kelas VIII rata-rata masih dibawah standar kurikulum yaitu dibawah 100 kosakata.Mempelajari kata baru adalah aktivitas yang menyenangkan karena dapat dilakukan bersama teman. Mengajar tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja tanpa adanya unsur mendidik. Mengajar dengan konsep permainan menjadi pilihan terbaik tentunya mengingat anak akan lebih santai dan senang.

Pembelajaran yang menarik menjadi konsep pembelajaran bagi kebanyakan guru dengan tujuan untuk meningkatakan pemahaman dan penyampaian materi.Khususnya mata pelajaran Bahasa inggris membutuhkan lebih banyak kreatifitas guru untuk menciptakan metode pembelajaran yang kreatif. Salah satu pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan metode make a match untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa.

Baca juga:  Percobaan Asam Basa dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Sekitar

Menurut Rusman (2011:223-233), model make a match (membuat pasangan) merupakan salah satu jenis dari metode dalam pembelajaran kooperatif. Salah satu keunggulan Teknik ini adalah peserta didik mencari pasangan sambal belajar mengenai suatu konsep atau topik, dalam suasana yang menyenangkan. Teknik pembelajaran dengan metode make a match dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran,khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

Untuk penerapan model make a match untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris khususnya dikelas delapan dapat memanfaatkan media picture (gambar). Adapun Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture adalah pertama guru menyajikan materi sebagai pengantar.Guru menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi dan guru mempersiapkan clue (kata kunci) Kemudian guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian untuk memasangkan atau mengurutkan gambar-gambar yang sebelumnya sudah kita acak dan siswa diminta untuk mengurutkan atau memasangkan kembali gambar-gambar tersebut menjadi urutan yang benar atau siswa dapat memasangkan gambar sesuai dengan pasangannya.

Baca juga:  E-learning Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Jika jumlah siswa dalam kelas terlalu banyak contoh dalam setiap kelas ada tiga puluh dua siswa maka guru dapat membagi menjadi delapan kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat siswa. Masing -masing kelompok akan mendapatkan kesempatan untuk menyusun setiap gambar yang sudah disediakan dengan waktu yang sudah ditentukan oleh guru. Disamping itu yang harus diperhatikan dalam model pembelajaran ini bahwa siswa dituntut dapat membagi tugas dan tanggung jawab dalam kelompoknya,serta dapat menunjuk juru bicara atau pemimpin kelompok.
Bagi kelompok yang dapat menyusun gambar dengan cepat dan tepat dianggap sebagai pemenangnya. Guru dapat memberikan reward sebagai apresiasi guru atas prestasi siswa dalam melaksanakan setiap langkah-langkah yang sudah ditentukan dalam permainan tersebut.Hal ini akan membuat siswa lebih bersemangat lagi untuk belajar.

Baca juga:  Pembelajaran IPS dengan Cooperatife Learning Historical Pictures

Selama pembelajaran berlangsung siswa dilatih berfikir logis,dengan bentuk gambar yang penyajiannya cukup kreatif dan inovatif. Kondisi tersebut tentu saja sangat menyenangkan bagi siswa. Dengan menyajikan menggunakan gambar-gambar yang cukup menarik akan membuat siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Seperti yang diterapkan di SMPN 1 Kademan. (bat2/zal)

Guru SMPN 1 Kandeman

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya