alexametrics

Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS

Oleh: Agus Sumaryanto, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Apakah suatu pembelajaran bisa beranjak dari suatu masalah? Jawabannya tentu saja bisa. Pembelajaran yang dimulai dari akar suatu permasalahan, biasanya disebut dengan metode Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dirancang dengan menghadapkan peserta didik pada masalah aktual yang terjadi di sekitarnya (Modul Tanoto Foundation: 2019).

Melalui masalah yang dimunculkan, peserta didik akan mencoba memahami masalah, merencanakan penyelesaiannya, melaksanakan langkah-langkah penyelesaian masalah yang ditetapkan. Hasil pembelajaran tersebut akan membentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Yang dapat digunakan menghadapi tantangan kehidupan di masa mendatang.

Sebagai contoh pada pembelajaran IPS di kelas V (lima) materi tentang Menghargai Perjuangan Para Tokoh Kemerdekaan. Siswa dan siswi SDN 4 Tegorejo, Kecamatan Pegandon, Kendal diminta memecahkan masalah rendahnya apresiasi dan rasa hormat atas hasil perjuangan para tokoh kemerdekaan.

Baca juga:  Edutainment Video/Film Inspiratif Tingkatkan Hasil Belajar IPS dan Nilai Karakter Peserta Didik

Siswa secara berkelompok menginventarisir penyebabkan permasalahan terjadi. Lalu, mereka mencari sumber referensi yang dibutuhkan. Baik dari buku, media massa, maupun dari internet. Setelah itu, mereka akan melakukan telaah bersama. Bagaimana cara menghormati, mengapresiasi, serta menjaga hal-hal yang diwariskan para pejuang kemerdekaan. Inventarisir terakhir yakni apa penyebab generasi sekarang tidak secara nyata bisa mengapresiasi dan menghormati perjuangan para tokoh kemerdekaan.

Hasil yang sudah ditemukan masing-masing kelompok dibawa di dalam pleno bersama. Pada pleno, kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya atau bahkan memberi masukan juga kritisi pada kelompok yang presentasi. Temuan para siswa seringkali belum tentu mendapatkan hasil mendetail ataupun sesuai yang diharapkan. Namun esensi dari pembelajaran dengan metode Problem Based Learning adalah bagaimana siswa memberikan solusi versi mereka sendiri.

Baca juga:  Pembelajaran IPS Asyik dengan Aplikasi Komik Strip

IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari, menelaah, dan mengkaji sistem kehidupan manusia dalam konteks sosialnya atau manusia sebagai anggota masyarakat. Ditinjau dari ruang lingkupnya, pembelajaran IPS di sekolah dasar berfokus pada pembelajaran tentang gejala dan masalah sosial kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan peserta didik.

Dalam kehidupan kesehariannya di masyarakat, anak berhadapan dengan masalah maupun tantangan. Sekolah adalah salah satu wadah yang dapat digunakan untuk mempersiapkan anak didik dapat hidup di masyarakat. Pembelajaran di kelas seharusnya dirancang untuk memberikan latihan dan kemampuan kepada setiap peserta didik agar dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Pembelajaran IPS menggunakan model problem based learning diharapkan dapat mengembangkan keterampilan IPS yang terdiri dari keterampilan mendapatkan informasi dan mengolah data, keterampilan menyampaikan gagasan, argumen, dan cerita, keterampilan menyusun pengetahuan baru, keterampilan berpartisipasi dalam kelompok. Pembelajaran tersebut juga mengembangkan sikap sosial siswa yang terdiri dari jujur, berdisiplin, bertanggung jawab, santun, peduli (toleransi, gotong royong), percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya (kurikulum 2013).

Baca juga:  Pembelajaran Teks Prosedur lewat Pembuatan Ecobrick

Metode Problem Based Learning yang diterapkan dalam pembelajaran IPS materi tentang Menghargai Perjuangan Para Tokoh Kemerdekaan sangat relevan untuk dijadikan bahan kajian dan tentu saja diterapkan dalam pembelajaran. Karena peserta didik bisa terlibat langsung dan hasil pembelajaran semakin optimal. (kd/fth)

Guru IPS SDN 4 Tegorejo, Kec. Pegandon, Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya