alexametrics

Pembelajaran Mengurutkan Bilangan dengan Kartu Bilangan

Oleh: Siti Alfiyah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN numerasi seperti berhitung, menganalisa dan memecahkan masalah sederhana adalah hal yang sangat penting di kegiatan sekolah. Apalagi di zaman sekarang siswa dituntut untuk memiliki kemampuan yang kritis, informatif dan mampu menggunakan teknologi dengan baik. Oleh karenanya, kemampuan berhitung menjadi sangat penting terutama pada siswa sekolah dasar. Belajar matematika sebagian besar adalah pengenalan konsep, yang mana harus menghubungkan konsep-konsep serta struktur matematika untuk memecahkan permasalahan sehari-hari.

Menurut (Kurniyanthi, 2019) pembelajaran matematika harus melalui proses pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik mengenai pengetahuan yang dipelajari, terampil dan mampu memanfaatkan bahan yang diajarkan. Sementara menurut (Wibowo, 2013), memahami konsep matematika saja tidaklah cukup. Perlu dilakukan praktik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Tugas Mandiri Lebih Asyik dengan Aplikasi Quizizz

Oleh karena itu, dalam hal ini pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar terutama dalam mengurutkan bilangan perlu dilakukan melalui praktik secara langsung. Hal ini pernah saya terapkan sebagai salah satu teknik belajar dalam mengurutkan bilangan. Di Sekolah Dasar Negeri 1 Winong tempat saya mengajar, mengurutkan bilangan menjadi salah satu hal yang menarik bagi peserta didik jika dipraktikkan secara langsung menggunakan kartu bilangan.

Saya bisa katakan kartu bilangan ini cukup efektif karena dengan menggunakan metode ini, peserta didik dapat secara langsung mengaplikasikan bagaimana mengurutkan bilangan tanpa harus mengawang di pikiran mereka. Ini menjadi hal yang penting, sama halnya dengan pembelajaran IPA maupun matematika, penggunaan alat praktik akan lebih mempermudah siswa dalam memahami proses belajar secara konkret.

Baca juga:  Belajar Tata Surya dengan Augmented Reality (AR) Berbasis Android

Melalui cara saya mengajarkan kepada siswa menggunakan kartu bilangan sebagai sarana belajar dalam pengurutan bilangan, perkembangan nilai yang didapatkan cukup siginifikan. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana siswa memproses permasalahan yang harus dipecahkan. Siswa yang belajar menggunakan kartu bilangan akan lebih cepat memahami dalam mengurutkan bilangan dibandingkan hanya diajarkan dengan metode ceramah. Penggunaan kartu bilangan ini juga saya katakan efektif karena melibatkan penggambaran secara langsung kepada siswa dalam memahami konsep matematika yakni mengurutkan bilangan. Selain guru, peran orang tua dalam mengajarkan kepada siswa mengenai proses belajar matematik yang tepat dan praktis juga perlu dikembangkan, hal ini dilakukan sebagai proses belajar siswa yang lebih baik. (kd/zal)

Baca juga:  Hasil Belajar Matematika Meningkat dengan Pembelajaran Kooperatif

Guru, SDN 1 Winong, Kec. Ngampel

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya