alexametrics

Peran IPTEK dalam Pertumbuhan Ekonomi melalui Discovery Learning

Oleh : Tri Prasetyo Winarni SE

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEMAJUAN Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menjadi ciri negara maju yang tampak dari tumbuhnya kemudahan akses kehidupan dalam berbagai sektor kehidupan. Salah satu produk teknologi yang sudah melekat pada setiap manusia adalah penggunaan telepon genggam. Berbagai aplikasi di dalamnya membuat manusia semakin mudah dalam bertransaksi untuk menunjang pemenuhan kebutuhan primer maupun sekunder yang mereka perlukan.

Ilmu pengetahuan sebagai wujud berkembangnya aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan. Pesatnya IPTEK membawa manfaat yang dapat membantu berbagai aktivitas manusia sehingga menumbuhkan kesejahteraan bagi masyarakat. Banyaknya industri kreatif memunculkan ide pemasaran yang tak lagi konvensional. Transaksi tidak hanya terjadi secara langsung tapi juga melalui kemudahan belanja online.

Baca juga:  Belajar Aktif dengan Resitasi melalui Google Clasroom

Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera (Iskandar Alisyahbana, 1980).

Pembelajaran discovery learning dipilih guru sebagai suatu bentuk yang efektif dalam mengetahui sejauh mana peran IPTEK dalam pertumbuhan ekonomi. Discovery merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki agar dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan (Hanafiah dan Suhana, 2010).

Dalam pelaksanaannya peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan menemukan dan mengemukakan gagasannya. Masing-masing kelompok mendapat tugas untuk mendata dua puluh orang yang menggunakan aplikasi jual beli dalam handphone mereka dan mencari informasi sejauh mana aplikasi tersebut menunjang kemudahan bertransaksi.

Baca juga:  Google Meet sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Hasil kegiatan yang peserta didik lakukan dibuat laporan sesuai petunjuk yang diberikan guru untuk selanjutnya dipresentasikan di depan kelas. Dampak positif peran IPTEK dalam pertumbuhan ekonomi adalah mudahnya penjual dalam mempromosikan produknya melalui pilihan aplikasi jual beli online. Bagi konsumen kemudahan dalam pemenuhan berbagai kebutuhan menunjang aktivitas produksi bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan karya orisinil.

Pembelajaran melalui metode discovery mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VII materi peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam pertumbuhan ekonomi. Peserta didik antusias melakukan kegiatan pengumpulan informasi tentang penggunaan aplikasi jual beli online dan berbagai keunggulan serta kelemahannya. Pembelajaran ini menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik untuk terlibat dalam proses belajar aktif sehingga meningkatkan kepercayaan diri di kelas.

Baca juga:  Raket Tonnis, Alternatif Pengganti Tongkat Kasti

Peserta didik mampu menentukan aplikasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat dari hasil pendataan yang mereka lakukan. Mereka antusias dalam menyajikan hasil kinerja dalam bentuk pemaparan yang menarik. Interaksi antar kelompok menunjukkan bentuk saling menghargai pendapat dan kinerja orang lain. Setelah mengetahui peran IPTEK dalam tahap kegiatan ekonomi diharapkan masyarakat bijak dalam pemanfaatan gadget sebagai sarana yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di era modern. (bat1/ida)

Guru IPS SMPN 5 Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya