alexametrics

Pelaksanaan Supervisi Mengajar dan Pengaruhnya pada Kompetensi Guru

Oleh : Toat Usokhi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Adam, peran guru dalam mengajar sangatlah memiliki pengaruh terhadap pencapaian minat belajar peserta didik (2014:12). Namun kinerja guru selama ini masih belum memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang diharapkan.

Kompetensi guru dapat ditingkatkan melalui supervisi. Sebagai supervisor mempunyai tugas dalam mendorong guru melakukan proses pembelajaran untuk mampu menumbuhkan kreatifitas, daya inovatif, kemampuan pemecahan masalah, dan berpikir kritis. Kepala sekolah merupakan center of leader yang mengatur dan mengelola aktivitas menjadi terarah, terfokus, agar mengalami peningkatan signifikan.

Baca juga:  Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran melalui Kegiatan IHT

Tugas kepala sekolah adalah mengawasi kegiatan yang telah diprogramkan agar terarah, terfokus, dan berhasil dengan baik. Kepala sekolah berperan penting dalam peningkatan kinerja guru, sedangkan guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas pengajaran yang dilaksanakan. Oleh karena itu, ada hubungan timbal balik antara guru dan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolahnya.

Kompetensi supervisi akademik intinya adalah membina guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik adalah guru dalam proses pembelajaran, yang terdiri atas materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus dan rencana program pengajaran, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran.

Kenyataannya kini, kepala sekolah masih jarang melakukan supervisi yang bersifat kunjungan kelas, lebih sering bersifat administratif. Lebih menilai perangkat mengajar saja. Jika perangkat mengajarnya sudah lengkap, maka supervisi sudah dianggap baik. Selain itu, banyak kepala sekolah yang lebih suka mengarahkan, memberi nasihat, memberi kritik terhadap kesalahan atau kekurangan, mendikte, dan keinginannya harus diikuti oleh guru tanpa memperhatikan kebutuhan dan arah pengembangan profesionalitas guru serta kemajuan sekolah.

Baca juga:  SAVI Bermedia ‘Vibar Perto’ Tingkatkan Kemampuan Menulis Descriptive Text

Prioritas utama supervisi kepala sekolah adalah meningkatkan mutu belajar dengan memperbaiki kinerja guru. Guru memiliki potensi yang besar pada dirinya masing-masing. Namun potensi tersebut belum disalurkan pada aktivitas kegiatan mengajar secara penuh karena kurangnya rangsangan dan motivasi dari pimpinan sekolah maupun seniornya.

Kepala Sekolah dituntut untuk dapat bekerja sama dengan bawahannya. Jadi supervisi diartikan sebagai pelayanan yang disediakan oleh pemimpin untuk membantu para guru, orang yang dipimpin agar menjadi personel yang cakap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan pendidikan pada khususnya agar mampu meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah.

Adapun kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah pada lingkup pembelajaran yang dilakukan oleh guru, hendaknya laksanakan secara rutin baik itu harian, mingguan, bulanan, tri wulan serta per semester dan di akhir tahun pelajaran. Kegiatan supervisi tersebut dapat meningkatkan kompetensi kinerja guru khususnya dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Menganalisa Perubahan Sosial Budaya melalui Media Online

Kegiatan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru juga mengindikasikan adanya faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap kompetensi kinerja guru, sehingga dapat mempengaruhi juga terhadap kualitas pendidikan peserta didik. (bat1/ida)

Kepala Sekolah SDN Brayo, Wonotunggal, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya