alexametrics

Direct Instruction Tingkatkan Keaktifan Siswa Kuasai Hyperlink dalam HTML

Oleh : Joko Susilo, S. Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Proses belajar mengajar sejatinya bukanlah hanya suatu kegiatan dimana seorang pendidik atau guru mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Melainkan suatu kegiatan atau aktivitas kompleks yang dilakukan pendidik dan peserta didik sehingga terjadi proses belajar mengajar.

Aktivitas kompleks yang dimaksud antara lain merencanakan kegiatan belajar siswa, memanfaatkan lingkungan belajar baik di dalam kelas ataupun di laboratorium, memberikan stimulus serta membimbing. Sehingga diharapkan output dari sebuah proses belajar adalah menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan secara kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Pada proses pembelajaran rekayasa perangkat lunak khususnya di kelas XI RPL SMK Negeri 4 Kendal, masih banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menerima materi pelajaran dan mengikuti petunjuk yang telah diberikan oleh guru.

Aktivitas siwa juga terlihat rendah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penulis sebagai guru di SMK Negeri 4 Kendal berusaha meningkatkan aktivitas yang bermakna dan menerapkan pembelajaran meaningfull dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction (pengajaran langsung).

Baca juga:  Penggunaan Metode SQ3R Meningkatkan Kemampuan Meringkas Bacaan

Model pembelajaran direct instruction (pengajaran langsung) merupakan suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa dalam mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah.

Pham, Huang, (2011) mengemukakan model direct instruction adalah model yang sistematis. menemukakan bahwa instruksi langsung memberikan struktur disiplin dan dapat menyebabkan pembelajaran yang bermakna dan sistematis. Pembelajaran Ini adalah sebuah pendekatan untuk belajar di mana siswa tetap terlibat dan fokus guna mencapai hasil belajar yang diinginkan.

Langkah-langkah model pembelajaran direct instruction (pengajaran langsung) yang diterapkan penulis pada KD 4.5.2 merancang dan membuat program tampilan kaitan (link) dalam halaman web. Yaitu guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, mendemonstrasikan keterampilan khususnya mengenai Hyperlink dalam HTML.

Baca juga:  Sambut ANBK dengan Belajar Laptop bersama Tutor Sebaya

Link atau biasa disebut Hyperlink adalah elemen HTML yang berfungsi menghubungkan suatu halaman web ke halaman web yang lainnya. Kemudian melalui beberapa instruksi yang diberikan guru memulai memberikan materi terkait praktik pembuatan Hyperlink dalam HTML dan memberikan materi singkat mengenai jenis-jenis link yaitu internal link dan eksternal link.

Guru kemudian membimbing pekerjaan siswa dari instruksi yang diberikan dan mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik terhadap petunjuk ataupun penugasan yang diberikan terkait pembuatan file html dan terakhir sampai menyimpan dalam suatu folder yang sama dengan file Link.html. Langkah terakhir yang dilakukan adalah meminta siswa latihan mandiri dan memberikan penugasan projek membuat program tampilan kaitan (link) dalam halaman web.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Membandingkan Pecahan dengan Media Sosis Goreng

Model pembelajaran direct instruction (pengajaran langsung) adalah pembelajaran yang berpusat pada guru, keterampilan guru mutlak diperlukan karena jelas model pembelajaran ini berfokus pada komunikasi yang jelas dari seorang guru.

Dalam pelaksanaannya efektivitas proses pembelajaran untuk semua siswa adalah krusial tergantung pada penyediaan kualitas pengajaran oleh guru yang kompeten dan dilengkapi dengan strategi yang efektif.

Melalui model pembelajaran direct instruction (pengajaran langsung) mampu menarik perhatian dan minat belajar siswa materi program tampilan link dalam halaman web kelas XI RPL Negeri 4 Kendal. Instruksi langsung dianggap sebagai metode ataupun model pembelajaran yang layak untuk mengajarkan kepada siswa (Kanfush, 2014), utamanya dalam melakukan pembimbingan dan melibatkan kegiatan-kegiatan untuk memaksimalkan keterampilan siswa. (kd/lis)

Guru Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya