alexametrics

Cerita Bergambar Tingkatkan Kemampuan Imajinasi Anak Usia Dini

Oleh : Purworini, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Anak usia 4-6 tahun merupakan anak usia prasekolah atau usia TK. Di usia ini anak mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dalam kehidupan manusia. Di antaranya perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa yang dikaitkan dengan berbicara maupun bercerita.

Di usia 4-6 tahun juga merupakan masa awalnya suka membangkang yang tidak bisa dibiarkan sampai dewasa. Untuk mengajarkan kepatuhan anak yang paling efektif dengan dibacakan buku-buku cerita apalagi buku cerita bergambar, baik ilustrasi dengan tokoh-tokoh yang baik.

Pembelajaran bidang pengembangan bahasa dengan bercerita masih rendah dan kurang diminati anak di TK Mardi Rahayu Sendangdawung, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. Berdasarkan pengalaman di atas maka penulis dalam pembelajaran bidang pengembangan bahasa kemudian menggunakan media buku cerita bergambar.

Baca juga:  Bermain Sains Bisa Menumbuhkan Imajinasi Anak TK

Menurut Micthel (2003:87) buku cerita bergambar adalah buku yang menyampaikan cerita dan teks yang keduanya saling menjalin. Menurut Nurgianto (2005 :153) buku cerita bergambar adalah bacaan cerita yang menampilkan teks narasi secara verbal dan disertai ilustrasi. Sehingga dengan buku cerita bergambar merangsang imajinasi anak.

Menurut St. Gentelfok (2013) imajinasi adalah bayangan dan visualisasi dari dalam otak ,yang berupa bayangan, suara, dan suara. Tahapan yang dilakukan dalam proses belajar ini pertama guru mempersiapkan buku cerita bergambar. Kedua, guru mengajak anak duduk di bawah menghadap ke guru. Yang ketiga guru mengajak anak- anak untuk bertepuk tangan agar anak senang.

Keempat guru mengajak anak-anak untuk mendengarkan dan memperhatikan guru membacakan cerita dengan judul Rusa yang Suka Menolong. Kemudian guru mulai membacakan cerita sambil memperlihatkan gambarnya kepada anak-anak sampai selesai.

Baca juga:  GKV, Pendidikan Karakter di Masa Pandemi

Guru mengakhiri cerita dan memberi beberapa pertanyaan, anak anak sangat antusias menjawab. Ada yang kepingin seperti tokoh dalam cerita itu, ada yang berimajinasi jadi dokter hewan agar bisa mengobati hewan yang sakit. Ada yang ingin jadi pelukis dan arsitek.

Dengan seringnya dibacakan buku cerita bergambar membantu perkembangan kemampuan anak berimajinasi. Dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa setelah kegiatan pembelajaran dengan dibacakan buku cerita bergambar ada peningkatan imajinasi anak di TK Mardi Rahayu Sendangdawung, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal. (kd/lis)

Guru TK Mardi Rahayu Sendangdawung, Kec. Kangkung, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya