alexametrics

Berlatih Bernyanyi Unisono yang Tepat dan Menyenangkan

Oleh : Pratama Imanda Febtiawan S.Pd M.M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BERNYANYI merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Bernyanyi jenis ini biasa disebut menyanyi perseorangan atau solo vocal. Sedangkan bernyanyi secara unisono harus dilakukan banyak orang, tetapi hanya dinyanyikan satu suara yang sama nadanya. Dalam bernyanyi unisono diperlukan kerja sama yang baik dalam satu tim agar tercipta harmoni dan dinamika yang sama.

Bernyanyi unisono sebenarnya tingkat kesulitannya tidak sesulit bernyanyi dalam konsep paduan suara atau vocal group. Akan tetapi, kenyataan di lapangan bernyanyi unisono sulit dipraktikkan oleh anak-anak di sekolah. Rata-rata siswa sulit menyatukan suara masing-masing individu ke dalam sajian secara berkelompok. Dalam bernyanyi unisono apabila nada tidak seragam, maka lebih mudah terdengar kurang enak di telinga pendengar, karena nada yang dipakai harusnya seragam satu suara dalam nada yang sama.

Baca juga:  Belajar Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dengan Study Lapangan

Penulis yang juga guru Seni Budaya di SMPN 3 Batang mengamati bahwa rata-rata siswa di sekolah kurang dalam mendalami materi solo vocal, sehingga ketika praktik bernyanyi unisono kurang sempurna. Kendala lainnya, kurang seringnya anak–anak dalam berlatih secara bersama. Kemudian perbedaan range nada suara laki-laki dan perempuan yang cukup jauh di usia siswa SMP, membuat siswa susah menyatukan suara apabila dalam satu kelompoknya terdiri atas siswa laki-laki dan perempuan. Hal tersebut menyebabkan siswa sering menyatakan tidak bisa dan tidak mampu bernyanyi unisono dengan baik.

Di sini penulis akan mencoba memberikan tips dan solusi bagaimana belajar bernyanyi secara unisono dengan baik dan mudah. Yang utama dan mendasar dalam berlatih vokal dan mutlak harus dikuasai adalah penguasaan nada atau dalam bahasa musik disebut intonasi. Jadi perlu melatih dulu secara individu dalam menguasai nada.

Baca juga:  Jadikan Bekal Minuman Media Pembelajaran Zat Campuran

Apabila individu belum menguasai nada dengan benar, akan sulit disatukan dalam sajian unisono dan menyebabkan tampilan unisono menjadi fals atau sumbang. Untuk menguasai nada dengan baik dan benar, perlu latihan khusus. Cara termudah yang sering saya ajarkan kepada siswa-siswi adalah mendengarkan satu lagu yang siswa sukai secara berulang–ulang tiap hari, cukup 10 sampai 15 menit saja. Dengan cara tersebut, secara tidak sadar siswa akan mudah dalam menghafalkan dan menguasai nada dengan baik.

Setelah intonasi bisa dikuasai dengan benar, selanjutnya melatih kekompakan dalam satu kelompok. Meliputi, tampilan yang benar, baik secara nada/intonasi, frasering maupun artikulasi. Jadi harus benar–benar sama antarindividu anggota kelompok. Cara melatih kekompakan dalam satu kelompok, antara lain, 1) rutin dalam berlatih dan bernyanyi bersama, dengan menyanyikan satu lagu dahulu. 2) Pilihlah lagu dengan melody yang mudah dan sederhana dahulu. 3) Dalam berlatih, diusahakan semua anggota kelompok harus bisa hadir semua. 4) Berlatih menggunakan metronome, untuk membiasakan diri agar dalam satu kelompok selalu sama dalam ketukan dan ritme bernyanyi.

Baca juga:  Lagu Nusantara Memotivasi Siswa Ciptakan Gerakan Tari Baru

Terpenting dalam belajar bernyanyi unisono adalah menanamkan rasa senang kepada siswa, sehingga siswa tidak merasa beban dalam berlatih. Tanamkan motivasi kepada siswa agar tidak merasa takut, sehingga mempunyai keyakinan bahwa siswa itu mampu. Tanamkan rasa yakin pada siswa agar siswa mempunyai minat yang tinggi dalam mengikuti materi vokal unisono. Selain itu, buatlah suasana menyenangkan dan ceria ketika materi bernyanyi unisono. (bat1/ida)

Guru Seni Budaya SMP Negeri 3 Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya