alexametrics

Asyik, Penugasan Proyek Video Materi Ekosistem di Masa PTM Terbatas

Oleh: Eni Wiyati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN online full pada saat pandemi pada kenyataannya menimbulkan banyak kemunduran dalam dunia Pendidikan terutama didaerah pinggiran pantai didaerah kami. Peserta didik menganggap bebas untuk tidak belajar karena tidak adanya tatap muka dengan guru. Bahkan orang tuapun banyak yang tidak biasa memotivasi anaknya untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara online.

Sebenarnya banyak peserta ddik yang memiliki smartphone tetapi penggunaannya tidak dikawal oleh orang tuanya. Sehingga selain menghabiskan waktu dengan game onlinenya banyak penyimpangan penyimpangan yang dilakukan peserta didik dengan smartphonenya.

Menjadi suatu kendala bagi guru setelah pembelajaran online full kemudian peserta didik masuk sekolah terbatas. Pada kenyataannya peserta didik mengalami kurangnya minat belajar dan semakin menurunnya karakter peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar dan galfok (gagal fokus). Sehingga menjadi keprihatinan kami menghadapi situasi pembelajaran yang tidak kondusif pada saat pandemic covid.

Baca juga:  Pembelajaran IPS Masa PTM Terbatas

Sedikit sedikit hp sedikit sedikit hp itulah kemauan mereka. Maka guru harus mencari metode agar pembelajaran IPA bangkit lagi setidaknya ada materi yang sedikit terserap oleh peserta didik. Sebenarnya pembelajaran online banyak kelebihannya diantaranya peserta didik terampil menggunakan berbagai aplikasi gadget mereka karena pada umumnya peserta didik memiliki Hand phone sendiri saat pembelajaran online.

Pembelajaran Interaksi dalam ekosistem di SMP Negeri 3 Gringsing merupakan pembelajaran yang lebih banyak mengenal lingkungan disekitar makhluk hidup. Kebetulan wilayah sekolah yang luas dengan pohon pohon besar, tumbuhan paku pakuan serta berbagai jenis burung yang senantiasa berkicau. Hal ini merupakan kelebihan tersendiri dibanding sekolah sekolah lain didaerah kami. Tujuan dari pembelajaran ini siswa diajak mengamati interaksi interaksi makhluk hidup yang terjadi dilingkungan sekolah dan masih ada hubungannya dengan kompetensi dasar yang sedang dipelajari.

Baca juga:  Video Call Whatsapp sebagai Media Konseling Kelompok

Dalam pembelajaran IPA menekankan pada penerapan ilmiah, siswa akan terbiasa dilatih memanfaatkan panca indera untuk mengamati dan menyelidiki obyek belajar (Parmin dan Sudarmin ,2013; 51). Maka agar materi interaksi dalam ekosistem lebih dipahami peserta didik dan meningkatkan minat untuk belajar, guru memberi penugasan proyek dalam bentuk pembuatan video Interaksi makhluk hidup dilingkungan sekolah.

Siswa mengamati interaksi makhluk hidup yang ada kaitannya dengan peristiwa kompetisi, predasi dan simbiosis kemudian bisa di foto maupun divideo langsung. Karena peserta didik baru kelas 7 maka harus banyak bimbingan dari gurunya untuk menghasilkan video yang isinya sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut. Setelah itu siswa harus bisa mengemas hasil pengamatan Interaksi makhluk hidup dalam ekosistem dalam bentuk video yang menarik. Siswa mengirimkan hasil video melalui media whatsap atau email kepada guru IPA.

Baca juga:  Role Playing Tingkatkan Pemahaman Siswa Materi Ekosistem

Setelah tugas terkumpul maka guru melakukan penilaian dan refleksi materi Interaksi dalam ekosistem dari video video yang dikirimkan para peserta didik. Mereka menjadi antusias melihat dan mengoreksi karya karya temannya. Ada hal yang harus lebih di tingkatkan lagi pada pembelajaran ini peserta didik untuk mengupload tugas videonya ke chanel youtube untuk saling ditonton teman temannya untuk like dan share.

Kegiatan pembelajaran Interaksi dalam ekosistem dengan penugasan proyek pembuatan video setidaknya dapat membangkitkan lagi minat anak untuk belajar IPA disaat pandemi dan menjadikan karakter peserta didik untuk lebih memanfaatkan penggunaan smartphone mereka. Dengan harapan kegiatan Pendidikan di Sekolah kami menjadi normal kembali ditengah situasi pandemi covid 19 dengan disertai karakter peserta peserta didik yang terpuji dan mulia. (bat1/zal)

Guru SMPN 3 Gringsing, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya