alexametrics

Asiknya Belajar IPS melalui Word Search

Oleh: Lukmono Dwi Ananto, SE

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu metode pembelajaran kooperatif melalui teknik pembelajaran Word Search atau lebih dikenal dengan nama Acak Kata . Teknik pembelajaran Acak Kata mampu mendorong peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran . Dengan teknik ini diharapkan dapat melatih kerjasama dalam menyelesaikan masalah, pembelajarannya menarik dan mendorong peserta didik untuk aktif terlibat di dalam pembelajaran, pembelajaran tidak monoton karena dikerjakan dengan suasana yang menyenangkan dan menantang untuk menyelesaikan tugasnya.

Di zaman serba digital ini banyak sekali software untuk memudahkan guru membuat media ajar yang menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Termasuk didalamnya adalah guru membuat lembar kerja Acak Kata. Jika kita tidak mau repot dengan proses pencarian software dan instalasinya tersedia juga banyak situs online gratis untuk membuat Word Search atau Acak kata yang bertebaran di Internet, syaratnya komputer kita harus terhubung langsung dengan jaringan internet.

Penerapan teknik Word Search (Acak Kata) dilakukan dalam pembelajaran konsep pengetahuan sosial yang memadukan ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pembelajaran tersebut dilaksanakan pada semester 2 di kelas VIII SMPN 1 Warungasem pada materi Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme. Selama proses pembelajaran berlangsung, dilakukan pengamatan terhadap aktivitas peserta didik sebagai sasaran utama penerapan teknik yang dipilih.

Baca juga:  Asiknya Belajar IPS dengan Crosword Puzzle Teka Teki Silang

Setelah guru menjelaskan kepada peserta didik aturan dalam pembelajaran teknik Word Search atau Acak Kata, pembelajaran pun dimulai. Semua peserta didik secara berkelompok harus menjawab Acak Kata di kertas lembar kerja yang dibagikan guru. Peserta didik mengisi lembar kerja setelah membaca petunjuk cara mengerjakan soal . Lembar kerja Acak Kata dan soal antar kelompok sama, sebab hal ini akan memudahkan dalam melakukan koreksi dan penilaian.

Pembelajaran dengan menggunakan Teknik Acak Kata dapat memberikan keuntungan antara lain meningkatkan motivasi belajar peserta didik, selain itu juga dengan mengamati susunan huruf yang acak di dalam soal dapat membuat belajar lebih menyenangkan. Karena sejak awal otak peserta didik tidak dibebani dengan ringkasan materi yang harus dihafal. Selain itu Acak Kata dapat memberikan efek menyegarkan ingatan sehingga fungsi kerja otak menjadi optimal dan daya ingat peserta didik akan meningkat.

Dalam kegiatan pembelajaran semua peserta didik terlihat aktif dan merasa tertantang untuk menyelesaikan permainannya yaitu dengan cara mengamati huruf huruf yang tersusun secara acak untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang diberikan Jawaban yang ada berupa susunan huruf baik secara mendatar, menurun maupun horizontal.

Baca juga:  Aplikasi Wordwall Solusi Pembelajaran Jarak Jauh TIK

Hal ini ditunjukkan dari semangat peserta didik untuk membaca materi pelajaran di buku, dan berdiskusi dengan kelompoknya. Dari segi kejujuran, peserta didik per kelompok diajarkan untuk percaya pada kemampuan diri sendiri dengan tidak mencontek jawaban dari kelompok lain.

Guru meminta kepada peserta didik untuk memberi garis kotak atau oval pada jawaban yang ditemukan baik mendatar, menurun atau horizontal. Setelah waktu mengerjakan tugas selesai selanjutnya antar kelompok untuk saling bertukar lembar jawab, sebab lembar jawabnya akan dikoreksi oleh kelompok yang lain.

Berikutnya Peserta didik secara berkelompok maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil pekerjaannya sedangkan kelompok lain menyimak,dan mengoreksi lembar kerjanya. Nilai peserta didik di hitung dari jumlah jawaban benar yang diperoleh peserta didik. Guru memberikan reward pada peserta didik yang mampu menjawab dengan benar semua pertanyaan yang ada.

Baca juga:  Belajar IPS yang Menyenangkan dengan Teknik Tree Diagram

Dengan menggunakan Word Search atau Acak kata terjadi perubahan sikap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dari sebelumnya kurang minat dalam mengikuti pembelajaran menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik yang sebelumnya kurang memiliki rasa percaya diri akhirnya terbangun jiwa kompetitif dan rasa percaya diri yang semakin bertambah.

Perubahan yang terjadi pada aktivitas peserta didik sudah dapat membuktikan bahwa pembelajaran dengan teknik Word Search atau Acak Kata ini cukup efektif dalam meningkatkan hasil yang berupa keaktifan dan prestasi peserta didik, terutama peserta didik yang kurang bersemangat. Sehingga kemampuan peserta didik dalam memahami materi perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme mengalami peningkatan.

Proses pembelajaran diakhiri dengan kegiatan penutup yang meliputi umpan balik, kesimpulan hasil pembelajaran, dan evaluasi. Guru meminta peserta didik menyampaikan rangkuman materi yang telah dipelajari dan guru memberi penguatan. Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya jika ada yang belum jelas. Setelah selesai menyimpulkan materi pembelajaran, guru mengadakan evaluasi hasil pembelajaran. (bat1/zal)

Guru SMPN 1 Warungasem

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya