alexametrics

Pembelajaran Resonansi Bunyi dengan Memainkan Gamelan

Oleh: Kusnardi, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembahasan konsep bunyi ada materi tentang nada dan resonansi. Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur dan resonansi adalah ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain. Bermain gamelan dapat terdengar pada jarak yang jauh walaupun tanpa menggunakan alat bantu pengeras suara.

Dengan bermain alat musik gamelan ini dapat menggali potensi peserta didik untuk mengenal tentang kebudayaan Jawa, sekaligus mempraktikkan langsung mengenal resonansi suara atau bunyi. Hal itu penulis praktikkan saat pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 5 Pemalang.

Para siswa dengan keterbatasan pengetahuan tentang musik yang ada hubunganya dengan pengaruh bunyi dibantu dengan alat – alat yang disediakan oleh laboratorium sekolah untuk menambah pengusaan materi pelajaran tentang Getaran dan Gelombang yang di dalamnya ada pembahasan tentang bunyi.

Pada kesempatan kali ini, penulis memperkenalkan kepada peserta didik tentang bermain alat musik Jawa gamelan. Untuk melatih dan menambah penguasaan materi dengan jalan berpikir yang lebih kreatif. Karena dengan metode bermain langsung mengunaakan alat musik adalah hal yang tidak biasa. Di sini ada proses kegiatan literasi, sehingga menumbuhkan daya berpikir peserta didik untuk lebih maju dan kreatif.

Baca juga:  Media Google Form Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa

Dimulai dari materi yang ada hubunganya dengan hal – hal yang menyenangkan, mudah terlebih dahulu agar tidak membosankan. Pertama kali mengenal permainan gamelan yang mereka anggap aneh ini perlu ada bimbingan yang serius dari guru IPA yang berkolaborasi dengan guru seni musik. Sehingga jika ada kesulitan ataupun hambatan akan dapat teratasi.

Peserta didik berkolaborasi dengan teman sekelas. Karena gamelan memerlukan banyak orang ketika dimainkan. Tidak bisa hanya satu atau dua orang saja. Sehingga di sini perlu adanya penguasaan notasi agar terjadi kekompakan dalam memainkan alat musik tersebut.

Guru menunjuk beberapa peserta didik secara acak untuk menghadapi dan memegang alat pukul gamelan. Kemudian guru menunjukkan notasi gending apa yang akan dilantunkan. Peserta didik terpilih disuruh untuk memainkan. Jika mereka kurang bisa menguasai bisa dganti dengan teman yang lain dalam satu kelas.

Baca juga:  Seni Budaya dalam Upaya Mewujudkan Generasi Pelajar Pancasila

Apabila alunan musik telah dilantunkan, maka pada saat tertentu guru IPA bisa langsung menjelaskan tentang materi yang ada hubungan dengan pokok bahasan, yaitu resonansi bunyi, dan guru seni musik bisa melihat kebakatan sekaligus dalam pembelajaran tersebut.

Ternyata para peserta didik terlihat lebih antusias dan merasa terhibur ketika belajar menggunakan gamelan secara langsung. Menurut pendapat Miarso (2004) media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar .

Pada kesempatan berikutnya, peserta didik diberikan penugasan. Masing-masing peserta didik disuruh mengelompokan segala alat musik yang ada hubunganya dengan ketentuan resonansi bunyi.

Baca juga:  Tumbuhkan Karakter Mandiri dan Peluang Wirausaha di Era Pandemi

Dengan bermain alat musik langsung pada peserta didik kelas VIII diharapkan menambah kemampuan berpikir dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan seni musik semakin meningkat. Besar harapan penulis, semakin sering berlatih akan menuai hasil sesuai dengan keinginan.

Pelajaran IPA yang dianggap sulit oleh peserta didik akan berubah menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Dengan menguasai IPA sebagai mata pelajaran yang ada hubungan dengan teknologi, bisa menjadi jembatan untuk menjadi ahli teknologi dan riset dalam bidang sains. Seperti pendapat J.J. Rousseau (2003:69) pendidikan memberikan kita pembekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada masa dewasa.

Respon peserta didik saat bermain gamelan untuk melatih penguasan materi tentang resonansi bunyi sangat baik. Sehingga diharapkan ke depan mereka lebih menyukai pelajaran IPA untuk memperluas pemahamanya terhadap materi pembelajaran. (ump1/aro)

Guru SMP Negeri 5 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya