alexametrics

Pembelajaran Komprehensif Teks Bahasa Inggris dengan Model CIRC

Oleh : Miftahul Habibi S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA umumnya beberapa teks ditemukan dalam pelajaran bahasa Inggris selalu mengetengahkan keterampilan membaca. Membaca adalah keterampilan yang harus dipelajari dan dianggap sebagai bagian keterampilan berbahasa yang paling penting karena dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa lainnya, seperti menyimak, berbicara, dan menulis (Hibbard, 2003). Pemahaman bacaan ditandai dengan pesan yang merupakan unsur terpenting yang harus diketahui oleh siswa karena tujuan utama membaca adalah untuk mengetahui gagasan dan ide yang tertuang dalam bentuk tulisan (Alderson, 2000).

Membaca bisa dianggap suatu proses dinamis yang difungsikan untuk merekonstruksi suatu pesan yang secara grafis telah dikodekan oleh sang penulis. Pemahaman bacaan ditandai dengan pesan yang disampaikan dalam bentuk tertulis. Pesan ini merupakan unsur terpenting yang harus diketahui oleh siswa karena tujuan utama membaca adalah untuk mengetahui pikiran dan ide yang dinyatakan dalam bentuk tulisan (Alderson, 2000: 2). Pembaca yang baik harus benar-benar memahami apapun bacaannya (Tarigan, 2008: 121).

Baca juga:  Melalui DL, Belajar Tetap Aktif dan Bermakna di Masa Pandemi

Teks disebut juga sebagai rangkaian kata atau bacaan dengan isi tertentu ataupun kandungan naskah, muatan naskah, uraian yang memberikan informasi mengenai sesuatu yang disajikan dalam bentuk lisan/tertulis (Mulyani, 2009: 2).

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah sebuah metode komprehensif dalam mengajarkan bidang studi membaca, menulis, dan seni berbahasa, terutama pada bacaan yang menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris (Slavin, 2005: 200). Model pembelajaran kooperatif menyatukan sebuah bacaan secara menyeluruh dan lalu mengomposisikannya menjadi bagian- bagian lain yang lebih penting (Sutarno & Dkk, 2010: 1).

Metode ini digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Wonosegoro dan dikembangkan karena dipercaya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca dan menerima umpan balik dari kegiatan membaca yang telah dilakukan. Kegiatannya ini banyak mengandung pengaplikasian membaca dan menulis secara bersama-sama atau berkelompok karena akan menciptakan kondisi lingkungan belajar yang memiliki situasi dan kondisi dimana siswa bias menciptakan aktivitas untuk mereka sendiri (Arbainsyah, 2008:70-71).

Baca juga:  Materi Destilasi Menjadi Lebih Mudah dengan Menggunakan Media Barang Bekas

Bekerja dalam kelompok akan lebih efektif dan efisien jika diterapkan dalam penelitian ini karena proses pembelajaran harus mendorong adanya kerja sama. Proses belajar yang mengandung nilai-nilai kerja sama memungkinkan murid dalam merekam memori pelajaran lebih lama (Carr, Jonassen, Litzinger, & Marra, 1998: 8 – 9).

CIRC adalah komposisi terpadu membaca dan menulis secara koperatif – kelompok. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition-CIRC (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis) merupakan model pembelajaran khusus mata pelajaran bahasa Inggris dalam rangka membaca dan menemukan ide pokok, pokok pikiran atau tema sebuah wacana.

Dalam pembelajaran CIRC atau pembelajaran terpadu setiap siswa bertanggung jawab terhadap tugas kelompok. Setiap anggota kelompok saling mengeluarkan ide-ide untuk memahami suatu konsep dan menyelesaikan tugas (task), sehingga terbentuk pemahaman yang dan pengalaman belajar yang lama. Model pembelajaran ini terus mengalami perkembangan di sekolah menengah. Proses pembelajaran ini mendidik siswa berinteraksi sosial dengan lingkungan.

Baca juga:  Belajar Tenses Mudah dengan Jari-Jari Tangan

Prinsip belajar terpadu ini sejalan dengan empat pilar pendidikan yang digariskan Unesco dalam kegiatan pembelajaran. Empat pilar itu adalah belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar untuk berbuat (learning to do), belajar untuk menjadi diri sendiri (learning to be), dan belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together) (Depdiknas, 2002). Model pembelajaran ini sangat bagus dipakai karena dengan menggunakan model ini siswa dapat memahami secara langsung peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan dengan materi yang dijelaskan.(igi2/ida)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Wonosegoro, Kabupaten Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya