alexametrics

Pembelajaran Jarak Jauh Membaca Puisi untuk Kelas II

Oleh: Setiowati, S.Pd.SD.,M.A.P.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Berdasarkan Surat Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan nomor 443.1/00654/2022 tentang pemberhentian sementara pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, mulai Kamis, 24 Februari 2022 sampai dengan Rabu, 2 Maret 2022 peserta didik melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah. Semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring/online.

Melihat surat edaran tersebut, penulis sebagai guru kelas II SD Negeri 01 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan sudah merancang strategi mengenai aktivitas kegiatan yang dilakukan pada saat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui aplikasi Whatsapp (WA) dipilih sebagai strategi pembelajaran yang akan penulis terapkan. Mengapa menggunakan whatsapp? Karena Whatsapp memiliki berbagai fungsi, di antaranya adalah bisa mengirim pesan, chat grup, berbagi foto, video, dan dokumen. Selain itu aplikasi tersebut sudah familiar di masyarakat, khususnya peserta didik SD Negeri 01 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:  Dampak Psikologis Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh

Penulis memulai pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan mengucapkan salam. Anak-anak pun menjawab salam tersebut. Penulis melakukan presensi dan memberikan semangat atau motivasi kepada siswa berupa yel-yel dan lagu agar siswa pun termotivasi dalam proses belajar dari rumah. Penulis mencoba melakukan apersepsi mengenai pembelajaran yang lalu. Beberapa anak mencoba menjawab pembelajaran yang lalu. Setelah itu Penulis memberikan tujuan pembelajaran mengenai materi puisi.

Menurut Waluyo (dalam Dani, 2013:9) puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi rima dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). Penulis memberikan materi berupa cara membuat puisi dan melakukan video dengan gerakan. Para siswa semakin semangat dalam belajar, selanjutnya guru mengadakan tanya jawab.

Baca juga:  Upgrade Kompetensi TIK Guru untuk Layanan Pembelajaran Jarak Jauh

Penulis memberikan tugas dengan membuat puisi dan menayangkan video untuk melihat cara membaca puisinya. Video yang dikumpulkan kemudian ditayangkan untuk ditanggapi oleh teman-temannya. Para siswa dapat saling memberikan motivasi dalam pembelajaran. Diakhir pembelajaran penulis memberikan refleksi, kesimpulan, dan pesan moral kepada peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan memanfatkan whatshapp memberikan ruang bagi pendidik untuk mengajarkan ilmu kepada peserta didik sangat efektif Banyak aplikasi sebenarnya yang bisa kita pakai dalam komunikasi pembelajaran akan tetapi tentunya kita perlu menyiapan kuota yang cukup. Sehingga penggunaan aplikasi whatshapp sangat membantu dalam proses belajar mengajar.

Namun demikian masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam rangka pembelajaran jarak jauh (PJJ). Diharapkan tidak hanya melalui whatsapp namun juga guru harus berinovasi lebih kreatif untuk mengunggal konten-konten pembelajaran yang menarik. (wa2/ton)

Baca juga:  Strategi PAKET Berbasis Online dengan Google Form Lebih Efektif

Guru Kelas II SD Negeri 01 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya