alexametrics

Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Budaya Lokal pada Materi Program Linear

Oleh : Rusiyanto S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN yang berpusat pada guru juga dapat menyebabkan rendahnya minat belajar siswa dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Seperti halnya pada materi program linear. Materi program linear merupakan salah satu ilmu matematika yang mempelajari nilai memaksimumkan atau meminimumkan fungsi objek dengan kendala tertentu.

Menurut Prabowo (2010:88), program linear yaitu suatu metode untuk mencari nilai maksimum atau minimum dari bentuk linear pada daerah yang dibatasi oleh grafik-grafik linear. Di dalam program linear banyak terdapat persoalan yang berbentuk soal cerita yang terlalu panjang sehingga membuat siswa kesulitan dalam merumuskan model matematikanya.

Sesuai dengan pendapat di atas, program linear akan lebih mudah dipahami siswa dengan adanya integrasi budaya lokal. Pengintegrasian budaya lokal ke dalam pembelajaran penting dilakukan, karena hal ini akan mampu mensinergikan antara budaya yang dimiliki oleh siswa dengan materi-materi yang akan dipelajari.

Baca juga:  Kartu Pecahan Dongkrak Pemahaman Siswa dalam Membandingkan 2 Pecahan

Sutarto (2012:99) menjelaskan, pembelajaran berbasis budaya lokal sangat bermanfaat bagi pemaknaan proses dan hasil belajar bagi siswa untuk mendapat pengalaman belajar yang kontektual dan bahan apersepsi untuk memahami konsep ilmu pengetahuan dalam budaya lokal yang dimiliki.

Model Pembelajaran Creative Problem Solving

Model pembelajaran Creative Problem Solving merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa serta sesuai dengan tuntutan kurikulum. Menurut Karen (2016: 1), model Creative Problem Solving adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan kreatifitas. Ketika dihadapkan dengan situasi pertanyaan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya.

Baca juga:  Penurunan Motivasi dan Keaktifan Siswa selama Pembelajaran Daring

Creative Problem Solving merupakan pendekatan yang dinamis, siswa menjadi lebih terampil sebab siswa mempunyai prosedur internal yang lebih tersusun dari awal. Ada banyak kegiatan yang melibatkan kreatifitas dalam pemecahan masalah seperti riset dokumen, pengamatan terhadap lingkungan sekitar, kegiatan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, dan penulisan yang kreatif.

Perpaduan model Creative Problem Solving berbasis budaya lokal dipilih agar siswa tidak jenuh dan siswa menjadi lebih termotivasi dalam memecahkan persoalan yang ada, terutama materi Program Linear. Sardjiyo dan Pannen (2010:20) menyatakan bahwa pembelajaran berbasis budaya merupakan strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran.

Pembelajaran berbasis budaya, membuat siswa tidak hanya meniru dan menerima informasi yang disampaikan tetapi siswa menciptakan makna, pemahaman, dan mengembangkan pengetahuan yang diperoleh. Proses pembelajaran berbasis budaya tidak hanya mentransfer budaya serta perwujudan budaya tetapi menggunakan budaya untuk menjadikan siswa mampu menciptakan makna, menembus batas imajinasi, dan kreatif dalam mencapai pemahaman materi yang dipelajari.

Baca juga:  Metode PCL Solusi Terbaik Pecahkan Masalah pada Pecahan

Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Budaya Lokal pada Materi Program linear ini telah terbukti bahwa siswa dapat menggali pikiran-pikiran siswa dalam rangka mengakomodasikan konsep-konsep, prinsip-prinsip atau keyakinan yang dimiliki siswa yang berakar pada budaya masyarakat di mana mereka berada dan siswa memperoleh hasil rata- rata di atas KKM. Namun, agar siswa lebih bersemangat saat pembelajaran, hendaknya guru bisa memberikan reward berupa nilai tambahan untuk siswa yang telah berani mengemukakan pendapatnya atau dengan memberikan pujian. (igi2/ida)

Guru Matematika SMAN I Ambarawa, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya