alexametrics

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa melalui Ekstrakurikuler Musik

Oleh : Drs. Marli Wibowo, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran di setiap level sekolah pada umumnya menyampaikan muatan materi pelajaran yang menekankan pada kemampuan akademis siswa. Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan non akademis siswa perlu mendapatkan perhatian yang seimbang, agar penanganan kemampuan non akademis siswa ada ”perkembangan lebih meningkat” daripada waktu sebelumnya.

Hal ini perlu menjadi pemikiran kita bersama, karena kita yakin bahwa kesuksesan setiap orang tidak selalu di bidang akademis. Marilah kita ajak siswa-siswa kita melihat realita kehidupan yang ada di sekitarnya, sekaligus menggugah keinginan siswa untuk selalu menyadari bahwa belajar adalah suatu kebutuhan.

Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran di sekolah, maka siswa perlu mengikuti kegiatan untuk pengembangan diri yang lebih baik. Pada umumnya kegiatan tersebut sudah disertakan pada program pembelajaran di sekolah yang dikemas pada kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan siswa sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka, melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah (Depdiknas, 2006: 6).

Baca juga:  Metode Demonstrasi Tingkatkan Belajar Olahraga Tradisional

Ekstrakurikuler merupakan program pengembangan diri siswa ke arah perluasan wawasan, peningkatan kecendikiawanan, dan pengembangan integritas kepribadian yang mantap. Sehingga mereka memiliki sikap dan perilaku yang kritis, kreatif, mampu bekerja sama, berkompetensi, peka atas masalah sosial, bermoral dan beretika, serta menunjukkan kemantapan emosional dan spiritual (Sriartha, 2005: 22).

Rasa percaya diri bagi siswa sekolah merupakan ”sesuatu” yang harus dimiliki agar mereka lebih yakin untuk menentukan pilihan tentang apa yang akan dilakukan dan yang akan dicapai di masa depannya. Menurut Hakim (dalam Polpoke, 2004) secara sederhana mengungkapkan bahwasanya kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut mempunyai merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Tutor Sebaya

Pembinaan ekstrakurikuler terhadap siswa yang berminat di bidang musik di SMP Negeri 1 Teras, Boyolali, menjadi salah satu wadah melatih siswa untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Pada intinya percaya diri sangat diperlukan oleh setiap orang untuk mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Untuk percaya diri dengan menampilkan kemampuan musiknya, diawali tampil di depan teman-temannya yang mempunyai minat sama pada bidang musik.

Siswa yang sudah terbiasa tampil di depan teman-teman dengan minat sama, diberi kesempatan untuk tampil di depan kelasnya sendiri. Hal ini merupakan tantangan baru, karena teman sekelas ada yang mempunyai minat berbeda, dengan bekal latihan di depan teman-teman yang mempunyai minat sama, siswa akan lebih mudah menyesuaikan pada kondisi baru tersebut.

Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, dengan kegiatan ekstrakurikuler musik siswa menemukan ”komunitas” baru yang berisi teman sejawat dengan minat yang sama. Sehingga menimbulkan semangat untuk lebih berkembang lagi.

Baca juga:  Empat Permasalahan Siswa dalam Materi Archaebacteria dan Eubacteria

Dalam kondisi tertentu, mereka saling bisa men-support, sehingga masing-masing dapat menumbuhkan rasa percaya diri bahwa ”saya mampu”, ”saya bisa” ini sangat diperlukan sebagai langkah awal untuk pengembangan berikutnya. Sedangkan sekolah sebagai institusi memiliki wadah tepat saat memerlukan siswa untuk mengcover kegiatan yang memerlukan musik.

Dengan pentingnya rasa percaya diri bagi setiap siswa di masa sekarang dan masa depannya, sudah selayaknya jika setiap insan ataupun instansi yang terlibat dalam pendidikan mengoptimalkan strategi menumbuhkan rasa tersebut.

Kegiatan musik hanya salah satu cara, dan semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi untuk hal tersebut yang pada akhirnya kita mampu mengantarkan siswa kita mencapai harapan dan cita-citanya untuk hidup lebih baik. (ump1/aro)

Guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Teras, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya