alexametrics

Menulis Surat Pribadi Asyik dengan Model Examples Non Examples

Oleh: Catur Kurniawati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menulis surat pribadi pada era sekarang ini jarang dilakukan. Hal tersebut terjadi karena adanya alat komunikasi yang lebih cepat dan canggih, antara lain WhatsApp dan Facebook. Namun demikian, keterampilan menulis surat pribadi tetap diajarkan untuk memberi keterampilan menulis peserta didik dalam mengembangkan ide melalui kalimat yang santun dan pola pengembangan paragraf yang tepat. Berkomunikasi dengan surat pribadi harus dapat ditingkatkan oleh peserta didik dengan teknik yang tepat supaya keterampilan menulis semakin meningkat.

Teknik pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi yang kurang tepat membuat peserta didik merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Akibatnya, keterampilan menulis surat pribadi pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 20 Semarang sangat rendah. Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi perlu dilakukan dengan teknik yang tepat. Guru sebagai fasilisator berperan penting dalam menentukan teknik pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi.

Baca juga:  TMT Tingkatkan Kesantunan Berbahasa

Teknik pembelajaran kooperatif dengan model exemples non exemples diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 20 Semarang. Menurut Komalasari (2017: 61) bahwa examples non examples adalah model pembelajaran yang membelajarkan murid terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya melalui analisis contoh-contoh berupa gambar-gambar, foto, dan kasus yang bermuatan masalah.

Model example non example adalah model atau metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan gambar atau ilustrasi lain yang dapat memancing daya kritis siswa untuk menganalisis, mendeskripsikan, hingga menyimpulkan sesuatu yang terkandung dalam contoh (example) yang diberikan untuk mempelajari dan mengusai konsep-konsep materi yang dibawakan.

Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran menulis surat pribadi di kelas VII H SMP Negeri 20 Semarang adalah sebagai berikut: pertama, guru mempersiapkan contoh- contoh surat pribadi sesuai dengan materi yang dibahas dan menempelkan contoh-contoh surat pribadi tersebut di papan tulis. Kedua, guru membentuk kelompok yang beranggotakan empat orang peserta didik, lalu memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menganalisis contoh-contoh surat pribadi dengan saksama agar dapat memahaminya. Ketiga, guru memberikan penjelasan secara lengkap mengenai contoh-contoh surat dinas yang sedang diamati peserta didik.

Baca juga:  Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi

Keempat, setiap kelompok berdiskusi menulis surat pribadi berdasarkan analisis contoh-contoh surat pribadi tersebut pada kertas yang telah disediakan oleh guru. Kelima, setiap kelompok diskusi diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya dengan menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan kelompok masing-masing. Keenam, kelompok yang lain memberikan komentar tentang hasil diskusi kelompok lainnya. Guru memberi masukkan tentang hasil diskusi peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ketujuh, guru dan peserta didik memberi kesimpulan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dicapai.

Ternyata dengan model pembelajaran examples non examples, peserta didik dapat menganalisis contoh-contoh surat pribadi secara konkrit dan detail. Peserta didik mampu memahami tentang unsur-unsur surat pribadi dan memiliki keterampilan menulis surat pribadi dengan baik sesuai dengan konsep yang akan dicapai. Dengan pengalamannya menganalisis contoh-contoh surat pribadi tersebut, peserta didik terdorong untuk bersemangat menulis surat pribadi sehingga ada peningkatan hasil pembelajaran yang lebih baik pada materi menulis surat pribadi. Hanya sayangnya, model pembelajaran ini membutuhkan waktu lebih lama. (ump1/aro)

Baca juga:  Pembelajaran Alquran Hadis dengan Model Interaktif dan LMS

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 20 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya