alexametrics

Libatkan Orang Tua dalam Pembelajaran Salat Fardu secara Daring

Oleh : Siti Fatikhah, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEJAK diterbitkannya Surat Edaran (SE) Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan nomor 443.1/00654/2022 tentang pemberhentian sementara pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, semua peserta didik melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah masing-masing. Penulis, sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) di sebuah sekolah dasar tepatnya di SD Negeri 04 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, tentunya harus melaksanakan kegiatan PJJ.

Michael Moore (2013) menyatakan PJJ sebagai bagian dari metode pembelajaran dimana perilaku mengajar dieksekusi terpisah dari perilaku belajar, termasuk yang dilakukan di hadapan peserta didik, sehingga komunikasi antara guru dan guru dengan pelajar bisa difasilitasi dengan alat cetak, elektronik, mekanik, atau lainnya.

Baca juga:  Senangnya Hafal Surat Al-Ma’un melalui Picture and Picture

Kegiatan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas II SD Negeri 04 Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan diawali dengan menyapa dan salam kepada siswa dan orangtua sebagai pendamping PJJ. Lalu memotivasi dengan semangat serta ceria agar pembelajaran daring ini dapat menyenangkan dan tersampaikan dengan baik sehingga siswa tidak jenuh dan bosan dalam pembelajaran jarak jauh melalui whatsapp (WA) group.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilanjutkan dengan menyampaikan materi pelajaran yaitu tentang salat fardu. Yakni bagaimana hukum melaksanakan salat fardu bagi orang muslim?; Bagaimana gerakan salat fardu itu?; Apa saja yang dibaca dalam salat fardu?; Dan apa yang harus dilakukan sebelum dan setelah melaksanakan salat fardu?

Baca juga:  Menguatkan Kaos Berbasis Proyek melalui Pembelajaran PPKn

Setelah menyampaikan materi tentang salat fardu, selanjutnya melemparkan pertanyaan kepada siswa tentang salat. Dalam menjawab tersebut, siswa boleh dibantu orang tuanya sebagai pendamping pembelajaran jarak jauh (PJJ) kali ini.

Setelah tanya jawab usai dan berjalan dengan lancar serta dianggap sudah tercapai tujuan pemnbelajarannya, Selanjutnya penulis memberikan tugas kepada siswa untuk membuat video/dokumentasi praktek salat di rumah dengan bimbingan orang tua. Siswa dengan bantuan orang tua, mengirimkan video praktik salat fardu yang telah dibuat kepada guru melalui grup whatsapp.

PJJ salat fardu berlangsung kondusif dan kooperatif. Keterlibatan orang tua juga terasa karena mereka tidak ingin putra-putrinya terlambat dalam memahami konsep yang diberikan guru. Mereka cenderung ikut menyimak, membantu mengondisikan dan mendampingi putra-putrinya dalam melaksanakan tugas belajarnya. (wa2/ida)

Baca juga:  Seniman Kabupaten Magelang Ini Fasilitasi Pembelajaran Daring

Guru PAI-BP SD Negeri 04 Doro, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya