alexametrics

Mudahkan Perencanaan Studi Lanjut dengan Pohon Karir

Oleh : Dra. Setiyani

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Studi lanjut merupakan tahapan setelah peserta didik lulus dari sekolah menengah pertama. Pertanyaan sering muncul “Kemana kamu melanjutkan sekolah setelah lulus?.

Pertanyaan yang sering membuat peserta didik ragu menjawab. Artinya mereka belum memiliki tujuan, atau rencana matang melanjutkan studi. Apakah ingin melanjutkan ke sekolah umum atau sekolah kejuruan, bahkan perencanaan pekerjaan atau karier.

Untuk mewujudkan dan meraih cita-cita, peserta didik diharapkan memiliki perencanaan matang. Salah satu tugas perkembangan usia remaja atau masa SMP yaitu mencapai kematangan dalam pemilihan karier. Peserta didik bisa menentukan pilihan sesuai potensi, atau kompetensi yang dimiliki. Hal itu selaras dengan pendapat Supriatna dalam Handatama (2017) bahwa kompetensi yang harus dicapai peserta didik dalam mencapai kematangan karir yaitu memiliki sikap positif terhadap studi lanjutan, pekerjaan, dan memiliki kesiapan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga:  Experiential Learning dalam Manajemen Belajar Efektif dengan Permainan Gelas Waktu

Bimbingan karier salah satu layanan yang dapat membantu peserta didik dalam perencanaan karier. Perencanaan karier harus bisa disusun sedini mungkin. Sehingga memudahkan mengambil keputusan. Karena keputusan yang diambil menentukan jenjang sekolah dan pekerjaan.
Salah satu media yang dapat digunakan mempermudah pelaksanaan layanan bimbingan karir adalah pohon karir. Pohon karir merupakan alat atau media untuk menjaring permasalahan atau kebutuhan serta informasi dalam diri peserta didik (konseli).

Media ini dapat mempermudah peserta didik menentukan arah karir dan mengambil keputusan. Ada beberapa pohon karier diantaranya pohon karir kelompok peminatan di SMA atau MA, pohon karir kelompok peminatan /keahlian di SMK , dan pohon jabatan untuk menentukan pilihan karir atau pekerjaan mendatang.

Baca juga:  Orangtua sebagai Tim Harus Kompak Mendidik Anak

Pohon karir telah digunakan di kelas IX SMPN 3 Patebon Kendal pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 untuk membuat rencana pilihan studi lanjut. Langkah penggunaan media pohon karir. Pertama, peserta didik membuat kelompok 4-5 orang. Kedua, masing-masing kelompok membuat gambar pohon dengan banyak cabang dan daun. Ketiga, daun dibuat dari kertas berbeda warna, kemudian digunting sesuai pola.

Keempat, setiap peserta didik menuliskan pilihan studi lanjut atau karir yang diinginkan di kertas pola daun. Kelima, peserta didik menempelkan pola daun yang bertuliskan pilihan studi lanjut dan karir atau pekerjaan yang diminati pada gambar pohon.

Dengan media pohon karir di atas, peserta didik dapat melihat berbagai macam pilihan karir dari teman dari kelompok lain. Hal tersebut membantu dan mempermudah memahami pilihan studi lanjut maupun karier yang diinginkan serta memutuskan pilihan.
(ump1/fth)

Baca juga:  Tingkatkan Efektivitas Konseling dengan Metode Photo Therapy

Guru BK SMPN 3 Patebon Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya