alexametrics

Ajak Siswa Mengumpulkan Data untuk Pengisian Dapodik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sebagian besar siswa menganggap matematika merupakan pelajaran sulit. Untuk itu, siswa sebaiknya diberi kesempatan membangun pengetahuan pemahaman konsep matematika melalui pengetahuan yang telah mereka pelajari. Sehingga proses pemahaman siswa berkembang terus menerus. Siswa diajak mengalami langsung bagaimana kegiatan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Agar dapat memaknai manfaat matematika dalam kehidupan. Jadi, pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika sangat penting.

Siswa SD Negeri 2 Harjodowo Kecamatan Sukorejo, Kendal memiliki cara khusus pada pembelajaran matematika kelas V materi pengumpulan data. Diawali pertanyaan terbuka di kelas apakah tinggi masing-masing siswa sama? Bagaimana caranya supaya kita tahu tinggi badan siswa? Setelah siswa menjawab, guru menjelaskan pengumpulan data dan teknik pengumpulannya.

Baca juga:  Belajar Persamaan Garis Lurus Menarik dengan Canva

Menurut Sugiyono (2016:193) Teknik pengumpulan data adalah suatu langkah yang dinilai strategis dalam penelitian. Tujuan utama memperoleh data. Teknik pengumpulan data adalah observasi (pengamatan), interview (wawancara), kuesioner (angket), atau gabungan dari ketiganya.

Siswa diajak praktik mengumpulkan data tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, anak ke berapa, dan jumlah saudara. Sesuai isian di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) khususnya menu data periodik siswa. Data diambil dari kelas 1 sampai kelas 6. Karena nantinya dari data akan dimanfaatkan guru kelas V yang kebetulan merangkap sebagai Operator Sekolah.

Siswa yang akan praktik dibentuk menjadi 3 kelompok. Tiap-tiap kelompok menyiapkan lembar kerja berupa tabel yang akan diisi ketika pengambilan data. Untuk pembagian tugas kelompok 1 mengambil data di kelas 1 dan 4, kelompok 2 di kelas 2 dan 5, dan kelompok 3 mengambil data di kelas 3 dan 6.

Baca juga:  BDR Berbantuan Benda Konkret dan Video Pembelajaran

Setelah selesai pengambilan data, semua siswa kembali ke kelas V dan melakukan presentasi dari hasil praktik. Dari hasil refleksi di akhir kegiatan, pembelajaran lebih aktif dan siswa senang. Siswa lebih mudah memahami materi karena langsung menerapkan yang dipelajari. Selain itu bermanfaat untuk operator sekolah dalam pengisian data periodik siswa di Dapodik. (kd/fth)

Guru Matematika SDN 2 Harjodowo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya