alexametrics

Menyanyi Memudahkan Belajar Matematika Materi Bangun Ruang

Oleh : Paryadi, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika masih menjadi pelajaran yang selalu menjadi momok sebagian siswa. Termasuk kompetensi dasar menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, bola dan bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok. Banyak peserta didik kelas VI SD Negeri Pucanggading, Kecamatan Bandar Kabupaten Batang mengalami kesulitan. Sehingga siswa tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Padahal pembelajaran materi bangun ruang sangat kompleks sekali pengetahuan awal yang harus dimiliki. Prasyarat minimal peserta didik harus pandai penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Prasyarat ini sudah dikuasai sebagian besar peserta didik kelas VI SDN Pucanggading. Tetapi prasyarat berikutnya berupa pengetahuan satuan panjang, satuan luas dan satuan isi (volume) belum dikuasai. Ini terbukti ketika guru memberi soal untuk menjajaki pengetahuan awal dari kompetensi dasar tersebut, peserta didik tidak mampu mengubah ukuran panjang dari satu bentuk ke bentuk lain, menarik akar pangkat dua dan akar pangkat tiga.

Baca juga:  Metode Hafalan Strategi Lama yang Masih Eksis

Dari masalah pembelajaran tersebut guru memulai dengan memperkenalkan satuan ukuran panjang. Satuan panjang dimulai dari milimeter, centimeter, desimeter, meter, dekameter, hektometer dan kilometer. Pengetahuan satuan panjang harus urut, tidak boleh dibolak-balik. Tetapi nyatanya peserta didik sangat sulit menghafal urutan satuan panjang ini. Timbul masalah lagi. Maka, guru memutuskan menggunakan metode menyanyi untuk menghafal satuan ukuran panjang. Dengan metode menyanyi peserta didik diharapkan lebih aktif. Sehingga pembelajaran hasilnya akan tercapai dan peserta didik aktif dalam proses pembelajarannya.

Dengan metode sama guru mengajarkan satuan luas. Prasyarat satuan luas setelah menguasai penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian adalah harus mampu mengubah ukuran luas dari milimeter persegi, centimeter persegi, desimeter persegi, meter persegi, dekameter persegi, hektometer persegi dan kilometer persegi. Karena pada satuan panjang siswa sudah mampu urutan satuannya maka pada pengajaran ini guru hanya menekankan kemampuan mengubah jika naik satu tingkat dibagi seratus dan jika turun satu tingkat dikali seratus.

Baca juga:  Model CPS, Jadikan Siswa Kreatif Belajar Matematika

Sebagian besar peserta didik sudah menguasai pembagian dengan cara pistol. Sehingga tidak mengalami kesulitan. Guru memberi porsi lebih kepada para peserta didik yang masih mengalami kendala. Mereka diberi punishment, harus mengikuti penjelasan guru sebelum istirahat dan harus mampu menyelesaikan tugas jika ingin bisa istirahat. Sedangkan peserta didik yang sudah mampu diberi reward istirahat lebih dahulu.

Untuk satuan isi (volume) siswa sudah mampu menghafal nyanyian. Selanjutnya tinggal menguasai proses menarik akar pangkat tiga. Karena pada satuan panjang dan satuan luas, siswa sudah mampu urutan satuannya, satuan luas jika naik satu tingkat dibagi seratus jika turun satu tingkat dikali seratus, maka guru pada pengajaran ini hanya menekankan pada kemampuan mengubah jika naik satu tingkat dibagi seribu dan jika turun satu tingkat dikali seribu. Pada menarik akar pangkat tiga, kemampuan dasarnya berupa bilangan kubik dasar menjadi prasyarat awal. Kemudian guru memberi lembar kerja untuk melihat penguasaan siswa dari materi yang diajarkan. Baik satuan panjang, satuan luas dan satuan isi bergantian sesuai dengan soal yang dihadapi.

Baca juga:  Diskusi Kelompok Mempermudah Memahami Materi Pelajaran

Karena terlalu asyik mengerjakan soal sambil bernyanyi, mereka tidak sadar bisa dengan dengan mudah menguasai materi. Saat penilaian harian baik tertulis dan keterampilan lisan ternyata hasil pembelajaran dengan metode peserta didik mampu mengerjakan dengan baik.

Alangkah baiknya guru yang peserta didiknya mengalami kesulitan belajar kompetensi dasar Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, bola dan bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok dapat menggunakan metode bernyanyi. Dijamin asyik dan menyenangkan. Sehingga pembelajaran memenuhi kompetensi dasar yang diharapkan. (wa1/fth)

SD Negeri Pucanggading, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya