alexametrics

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS dengan PBL

Oleh: Winarti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru sebagai pendidik profesional memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan belajar peserta didik. Pentingnya peran guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 yang berbunyi: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Dari pernyataan di atas, sudah cukup jelas bahwa fungsi guru yaitu mengembangkan kemampuan peserta didik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca juga:  Peer Teaching Meningkatkan Pemahaman Materi Jurnal Umum dan Posting

Menurut Karsidi (2005:38), untuk memperoleh pembelajaran yang berkualitas, perlu diperhatikan unsur-unsur yang secara langsung berkaitan dengan proses pembelajaran tersebut. Unsur-unsur tersebut antara lain yaitu guru, peserta didik, kurikulum dan sarana, serta faktor lain yang sifatnya kontekstual. Proses pembelajaran dapat dikatakan berkualitas jika berhasil mengubah sikap, perilaku dan keterampilan peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Fakta yang terjadi di lapangan pada pembelajaran IPS kelas VI SDN Pagumenganmas, masih menunjukkan kualitas pembelajaran yang kurang maksimal. Pembelajaran masih kurang terpusat pada peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan guru pun masih kurang bervariasi.

Guru selaku pemimpin dalam pembelajaran dapat memilih model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual (Tan Onn Seng, 2000).

Baca juga:  Optimalkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan PBL

Melalui pelaksanaan model pembelajaran PBL, peserta didik harus berperan aktif mencari solusi permasalahan yang dihadapi. Permasalahan ini sebagai acuan peserta didik untuk merumuskan, menganalisis, dan memecahkannya. Model pembelajaran ini juga dapat mengembangkan peserta didik untuk berpikir kritis, analitis, menemukan serta menggunakan sumber daya yang sesuai untuk belajar. Melalui PBL peserta didik juga dilatih untuk menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru dan nyata.

Model PBL memiliki sintak yang jelas. Sintak model Problem Based Learning menurut Arends (2012), yaitu orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Sintak tersebut hendaknya dilakasanakan oleh guru ketika pembelajaran.

Baca juga:  Metode Cooperatif Learning It’s Ok untuk Semua Mata pelajaran

Setelah model pembelajaran PBL tersebut diterapkan pada pembelajaran IPS kelas VI di SD Negeri Pagumenganmas, kualitas pembelajaran di kelas menjadi lebih meningkat. Pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik. Peserta didik lebih terlatih menyelesaikan masalah yang ada. Melalui PBL peserta didik juga lebih mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi. (kj1/aro)

Guru Kelas SD Negeri Pagumenganmas, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya