alexametrics

E-learning Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Emi Herowati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DUNIA pendidikan di Indonesia semangkin mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini terlihat dari semakin beragam metode yang digunakan. Metode yang digunakan banyak memanfatkan berbagai media untuk meningkatkan kualitas hasil belajar terutama dimasa Pandemi Covid 19. Bentuk perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah menggunakan E-learning.

Proses pembelajaran di masa pandemi dilakukan dengan melaksankan pembelajaran jarak jauh secara daring dari rumah masing-masing . Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang diselenggarakan tanpa adannya interaksi fisik. Pembelajaran daring memungkinkan adanya interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran melalui internet.

Pembelajaran daring bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terhubung antara siswa dengan guru maupun sebaliknya sehingga melaui pemanfaatan teknologi tersebut kegitan belajar mengajar tetap dilaksanakan. Sebagai sesuatu yang baru bagi guru dan siswa dalam dunia pendidikan pembelajaran daring memerlukan semua pihak yaitu guru, orang tua, dan siswa untuk mengantisipasi kendala atau hambatan selama proses pembelajaran jarak jauh. Melaui E-learning siswa tidak hanya mendengarkan uraian materi dari guru tetapi juga aktif mengamati, mendemonstrasikan sehingga mampu memotivasi siswa lebih jauh dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Wish, Hope And Congratulation

E-learning adalah teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkam siswa untuk belajar kapan dan dimanapun. E- Learning dapat membawa suasana baru dalam pengembang pembelajaran. E-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Melalui e-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, materi bahan ajar dapat divirtualisasikan dalam berbagai format sehingga lebih menarik dan lebih dinamis sehingga mampu memotivasi peserta didik untuk lebih jauh dalam proses pembelajaran.

E-learning adalah suatu sistem yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa.

Baca juga:  Number Head Together, Solusi Pintar Pahami Struktur dan Aspek Bahasa Teks Fantasi

Dengan penggunaan E-learning pelaksanaan proses belajar dapat meningkatkan daya serap siswa atas materi yang diajarkan, partisipasi aktif dari siswa, kemampuan belajar mandiri siswa, kualitas materi pendidik dan pelatihan, menampilkan informasi, menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video lebih mudah diserap, waktu luang yang dimiliki lebih banyak, mengontrol kegiatan belajar peserta didik, guru dapat mengetahui kapan peserta didiknya belajar, topik apa yang dipelajari, berapa lama sesuatu topik dipelajari, serta berapa kali topik tertentu dipelajari ulang, mengecek apakah peserta didik telah mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari topik tertentu, dan memeriksa jawaban peserta didik dan memberitahukan hasilnya kepada peserta didik.

Keberhasilan E-learning di SMPN 1 Moga, Pemalang, ditunjang oleh adanya interaksi antara peserta didik dengan guru maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Dengan E-Learning berkembangnya fleksibilitas belajar tinggi artinya peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran dimanapun tanpa terbatas waktu dan tempat. Peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran. (ump2/zal)

Baca juga:  Pengunggahan English SAS di Youtube, Tingkatkan Hasil Menulis Siswa

Guru SMPN 1 Moga, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya