alexametrics

Buat Kalimat Sederhana dengan Pembelajaran Picture and Picture

Oleh : Premanem Yugiarti S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN saat pandemi Covid-19, banyak sekali muncul kesulitan baik siswa, guru, maupun orang tua siswa. Bagaimana tidak semua kegiatan pembelajaran belum bisa dilaksanakan secara tatap muka penuh masih terbatas dibagi menjadi dua shift dengan waktu tatap muka di sekolah pun masih sangat terbatas. Hal ini menjadikan kendala bagi guru dalam menyampaikan materi dalam waktu singkat. Akibatnya, terjadi kurangnya pemahaman siswa akan materi yang disampaikan.

Karena kurang tertariknya siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat itu, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk menarik minat siswa dalam kegiatan pembelajaran, meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa sejak dini. Dengan kemampuan membaca dan menulis yang baik, siswa akan memperoleh ilmu pengetahuan, keterampilan serta pengalaman baru. Semua yang diperoleh melalui membaca dan menulis, memungkinkan siswa mampu mempertinggi daya pikirnya, mempertajam pandangan dan memperluas wawasannya.

Baca juga:  Pembuatan Video Pembelajaran Animasi dengan Animaker

Dengan demikian, kegiatan membaca dan menulis di sekolah mempunyai peranan penting. Di kelas 1 SD Negeri Tlogodalem, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, masih banyak siswa kurang mampu dalam membuat kalimat sederhana yang berkaitan dengan kegiatan pagi hari. Guru berusaha mencari metode ataupun model pembelajaran yang tepat supaya siswa mampu membuat kalimat sederhana dengan baik dan benar. Model pembelajaran yang dirasa tepat yaitu menggunakan model pembelajaran picture and picture.

Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfaatkan gambar (atau produk visual lain) sebagai media pembelajarannya. Model ini mirip dengan example non example, yang mengharuskan siswa memasangkan dan mengurutkan beberapa gambar dalam urutan yang logis (Suprijono dalam Huda 2014, hlm. 236). Artinya, pembelajaran akan terbantu oleh media gambar yang akan memberikan konteks lebih. Selain itu mengharuskan siswa menyusun gambar-gambar yang telah diacak untuk disusun berdasarkan urutan logis yang akan menumbuhkan daya kreasi interaktivitas siswa terhadap materi pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Menghitung Frekuensi Relatif dengan Take Copter Doraemon

Langkah awal yang dilakukan guru adalah menyiapkan perangkat pembelajaran, media, dan sumber pembelajaran yang sesuai. Kemudian guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan menyajikan materi sebagai pengantar. Setelah itu, diperlihatkan kepada siswa gambar-gambar yang berkaitan dengan materi dimana gambar–gambar tersebut di baliknya sudah ada kosa katanya. Kegiatan selanjutnya bersama–sama memasang dan mengurutkan gambar–gambar menjadi urutan logis kemudian satu persatu siswa bergantian pula mengurutkan dan memasangkan gambar.

Setelah siswa paham, guru mulai menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Yaitu siswa mampu membuat dan menuliskan kalimat sederhana yang berkaitan dengan kegiatan pagi hari. Selanjutnya siswa diberi tugas untuk mengerjakan lembar kerja (LK) yang langsung dikumpulkan di akhir pembelajaran dan pemberian tugas yang dikerjakan di rumah yang dikumpulkan esok harinya. Untuk tugas di rumah yaitu membuat 4 kalimat sederhana yang berkaitan dengan kegiatan pagi hari dengan menggunakan bahasa sendiri dengan baik dan benar.

Baca juga:  Flipped Classroom Alternative Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Setelah semua tugas dikumpulkan dan diperiksa oleh guru, hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Yakni 92 persen siswa sudah dapat membuat dan menuliskan kalimat sederhana dengan baik dan benar. Sedangkan 8 persen siswa masih belum mampu membuat dan menuliskan kalimat sederhana dengan baik dan benar. Hal ini bisa disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam belajar membuat dan menuliskan kalimat sederhana yang berkaitan dengan kegiatan pagi hari. (ump2/ida)

Guru SD Negeri Tlogodalem

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya