alexametrics

Belajar Membuat Greeting Card dengan Aplikasi Canva

Oleh: Dwi Susanti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KARTU ucapan atau Greeting card adalah teks singkat berupa pesan yang terdiri dari doa dan harapan. Greeting card biasanya dikirimkan kepada seseorang yang sedang merayakan sebuah acara atau sedang mengalami suatu kejadian atau peristiwa. Pembelajaran teks khusus greeting card terdapat dalam kompetensi dasar 3.5 dan 4.5. kurikulum darurat Covid 19.

Pada KD ini peserta didik diharapkan mampu membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan serta mampu menyusun dan menghasilkan teks khusus greeting card terkait dengan hari-hari spesial secara benar dan sesuai konteks. Sebuah greeting card biasanya dihias dengan gambar yang sesuai dengan tema kartu, penuh warna, serta dibungkus dengan amplop.

Di era sekarang, kita sudah tidak asing lagi dengan media digital. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, tentunya hal tersebut juga berdampak dalam dunia pendidikan. Tidak bisa kita pungkiri era digital membuat semua kegiatan manusia menjadi mudah. Kecanggihan teknologi justru menjadi hal penting yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Kita bisa memanfaatkan aplikasi yang bisa kita unduh untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar.

Baca juga:  Aplikasi Canva Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Mata Pelajaran BTIK

Berdasarkan Kemp, E J. (1980) dalam Muthmainanah (2013: 374) menyatakan bahwa media pembelajaran memiliki tiga manfaat yaitu memberikan motivasi, menyajikan informasi, memberikan instruksi. Hal ini diperkuat pendapat dari Hamalik dalam Azhar Arsyad (2006: 15) bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap anak.

Dan menurut Pakar Multimedia Pembelajaran dan Pembelajaran Teknologi Informasi Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. Beliau mengatakan” Transformasi pendidikan sudah menjadi keharusan untuk dilakukan sebagai jawaban atas tantangan dan kompetensi di era digital dan abad ke-21”. Guru harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca juga:  Peningkatan Vocabulary Siswa pada Teks Procedure dengan Detik

Ketika saya mengajarkan materi greeting card di kelas delapan SMPN 1 Moga, saya memanfaatkan aplikasi canva untuk pembelajaran. Saya mengajak siswa belajar untuk berkreasi menulis kalimat dalam Bahasa Inggris dengan menggunkan canva yang bisa diunduh di playstore. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunkan untuk membuat kalimat atau tulisan. Menurut saya aplikasi ini mudah digunakan dan ada lebih dari lima puluh ribu template gratis. Siswa bisa membuat kartu ucapan sesuai dengan keinginan mereka dengan mudah.

Dengan memanfaatkan media digital membuat mereka berkreasi dalam mendesain greeting card sesuai ide mereka secara terampil, percaya diri, dan juga kreatif. Siswa berlomba lomba untuk membuat kreasi terbaik pada e-greeting card mereka dan mengumpulkan link tugasnya sebelum batas waktu yang ditentukan. Siswa juga bisa menyematkan foto , tulisan dan gambar dalam kartu ucapannya. Guru bisa memasukan hasil karya para siswa tadi untuk penilaian ketrampilan.

Baca juga:  Lingkungan Sekitar Merupakan Media Pembelajaran IPS Paling Murah

Pemanfaatan media berteknologi digital yang baik dapat membantu guru untuk menarik minat dan motivasi belajar siswa. Media digital juga bisa menjadi alternatif metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif sehingga dapat memberi penyegaran pada proses pembelajaran. Penggunaan aplikasi canva yang ada di playstore dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi. Mereka tidak hanya mendengar penjelasan dari guru, tapi juga bisa melakukan kegiatan lain seperti mengamati, berlatih dan presentasi. (ump2/zal)

Guru SMPN 1 Moga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya