alexametrics

Youtube Cukup Efektif sebagai Media Belajar Daring

Oleh : Gideon Benu S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN daring mulai diterapkan di Indonesia sebagai upaya pemerintah menghadapi pandemi Covid-19 di bidang pendidikan. Meski begitu, melalui media pembelajaran Youtube, ternyata siswa dapat memahami materi pelajaran secara lebih cepat.

Hal ini media pembelajaran Youtube dibuat lebih menarik sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Tentu ini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Dengan begitu, proses pembelajaran di sekolah tidak terpaku hanya pada kemampuan peserta didiknya melalui aspek psikomotor, tetapi harus ditunjang dengan mental dan sikap kerjasama dan kejujuran. Pembelajaraan yang dilaksanakan disesuaikan dengan situasi kebutuhan peserta didik. Salah satu usaha untuk mewujudkan keberhasilan dalam belajar adalah melalui Youtube.

Ini sebagai salah satu cara belajar daring di SDN Kutowinangun 10, Tingkir, Kota Salatiga. Bahkan Youtube berperan penting dalam membangun karakter peserta didik.

Baca juga:  Asah Otak Tingkatkan Semangat Belajar PAI

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik untuk belajar. Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2013:4) secara eksplisit mengatakan, media pembelajaran mencakup alat-alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi bahan ajar.

Dari kedua pengertian tersebut, media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Alat ini dapat berupa alat grafik, visual, elektronik, dan audio, yang digunakan untuk mempermudah informasi yang disampaikan kepada peserta didik.

Smartphone merupakan salah satu media ajar yang digunakan oleh peserta didik berdasarkan definisi atau pendapat para ahli. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan pesan, ide atau gagasan, berupa bahan ajar kepada peserta didik.

Baca juga:  Team Assisted Individual, Strategi Mengenal Ciri-ciri Masyarakat Modern

Media digunakan untuk membantu melengkapi proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan. Guru harus dapat menggunakan media pembelajaran, serta dapat berinteraksi dan mampu memanfaatkan teknologi informatika sehingga dapat menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, inovatif, dan efektif.

Strategi pembelajaaran sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk menyusun proses pembelajaran yang efektif khususnya pembelajaran daring, salah satu sumber belajar yang paling populer di kalangan masyarakat khususnya anak-anak dan remaja adalah Youtube.

Channel Youtube dapat dipergunakan mengunggah hasil tugas praktik yang sehingga hasil kreasinya dapat menjadi bahan kajian dan evaluasi oleh guru. Sekaligus membantu guru dalam penilaian unjuk kerja atau praktik.

Proses pemanfaatan media Youtube dalam mata pelajaran, dilakukan dengan urutan sebagai berikut, diawali dengan men-download video, kemudian dibuat transkripnya dilanjutkan dengan melakukan praktik. Peserta didik dapat melakukan streaming atau downloading dengan membuka situs di Youtube.

Baca juga:  Seru Belajar Penjumlahan dan Pengurangan dengan Permainan Congklak

Setelah proses itu, file yang diunduh disimpan dan dibuka kembali untuk melihat gaya atau cara guru dalam video memainkan teknik atau memberikan arahan. Di sinilah terjadi proses latihan yang berulang-ulang dan itu terjadi secara intensif.

Tujuan utama strategi pembelajaran daring dan tugas mandiri adalah berupaya meningkatkan keterampilan pengetahuan bagi peserta didik. Pemanfaatan media Youtube ditujukan agar peserta didik dapat lebih mudah dan antusias dalam upayanya menguasai materi pelajaran yang disajikan lewat media Youtube. Kesimpulannya, pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran dan praktik layak dilakukan untuk pembelajaran jarak jauh. (igi2/ida)

Guru SDN Kutowinangun 10, Tingkir, Kota Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya