alexametrics

Tutor Sebaya dalam Pembelajaran PJJ Konfigurasi IP Jaringan Komputer

Oleh : Agus Setiyono, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir. Hal ini menjadi penyebab sekolah di beberapa daerah belum menerapkan pembelajaran tatap muka seratus persen. Siswa masih belajar jarak jauh di rumah. Variasi dalam pembelajaran jarak jauh sangat diperlukan agar siswa lebih tertarik lagi dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan guru adalah model penerapan tutor sebaya.

Salah satu tipe pembelajaran kooperatif menurut Sani (2013:189) adalah pembelajaran teman sejawat atau tutor sebaya. Menurut Kuswaya Wihardit dalam Aria Djalil (1997:3.38), tutor sebaya adalah seorang siswa pandai yang membantu belajar siswa lainnya dalam tingkat kelas sama. Ketika mereka belajar dengan tutor sebaya, peserta didik juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan, berkonsentrasi, dan memahami apa yang dipelajari. Penjelasan melalui tutor sebaya lebih memungkinkan berhasil dibandingkan guru.

Baca juga:  Contextual Teaching and Learning pada Sujud Sunah

Metode belajar yang paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran tutor sebaya sebagai strategi pembelajaran sangat membantu siswa dalam mengajarkan materi kepada teman-temannya (Hisyam Zaini dalam Amin Suyitno , 2004:24).

Dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Kutasari jurusan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) khususnya di kelas X terdapat materi Konfigurasi IP pada jaringan komputer. Dalam kehidupan sehari-hari materi ini sangat penting karena di lapangan/dunia kerja dalam membangun jaringan komputer Konfigurasi IP pada jaringan komputer dilakukan untuk memanajemen IP sesuai yang dibutuhkan masing-masing kelompok jaringan supaya kecepatan akses jaringan komputer bekerja secara sempurna serta terhindar dari IP yang conflict.

Baca juga:  Semangat Belajar Matematika dengan Tutor Sebaya

Langkah-langkah Penerapan tutor sebaya dalam PJJ Konfigurasi IP pada Jaringan Komputer adalah 1) Guru memilih 10 siswa terbaik berdasarkan nilai rapor atau nilai evaluasi dan guru meminta siswa ke sekolah dan memberikan bimbingan praktik konfigurasi IP pada jaringan komputer dan mendokumentasikan praktik dalam video yang nantinya dapat dibutuhkan saat melakukan penerapan tutor sebaya dikelompoknya, 2) guru membagi siswa di kelas menjadi 10 kelompok berdasarkan kedekatan alamat rumah dan tingkat kecerdasan siswa dan membaginya 10 siswa yang sudah menjadi tutor ke dalam kelompok-kelompok tersebut.

3) 10 siswa yang dipilih menjadi tutor di hari berikutnya melakukan penerapan tutor sebaya mempraktekkan materi konfigurasi IP pada Jaringan Komputer pada kelompoknya masing-masing di rumah, 4) semua siswa mengisi lembar observasi melalui google form selama proses pembelajaran tutor sebaya berlangsung, dan 5) guru melaksanakan evaluasi belajar mempraktekkan materi konfigurasi IP pada jaringan komputer secara individu kepada semua siswa melalui daring.

Baca juga:  Asyik Belajar Sistem Pernafasan dengan Tutor Sebaya

Dengan penerapan model tutor sebaya pada pembelajaran jarak jauh materi Konfigurasi IP pada jaringan komputer, siswa lebih tertarik dan lebih memahami materi konfigurasi IP pada jaringan komputer dalam pembelajaran jarak jauh. Sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. (pb2/fth)

Guru TKJ SMKN 1 Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya