alexametrics

Snowball Throwing Membuat Berhitung Jadi Asyik

Oleh: Inayatul Mardhiyah Indah Sulistiyani,S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA saat ini masih menjadi muatan pelajaran yang ditakuti, tidak disukai dan terkesan menyebalkan bagi sebagian besar peserta didik. Hasil belajar matematika di kelas pun cenderung masih rendah jika dibandingkan dengan muatan pelajaran yang lain.

Hal ini memicu guru untuk memilih dan menerapkan model pembelajaran yang mampu membuat peserta didik menyukai matematika. Mengingat anak usia SD masih dalam usia suka bermain, maka guru bisa memadukan bermain dengan belajar dalam pembelajaran matematika. Dengan belajar sambil bermain anak usia SD akan merasa senang karena pembelajaran tidak monoton hanya dengan mendengarkan ceramah dan mengerjakan tugas dari guru saja.

Untuk meningkatkan hasil belajar berhitung matematika pada anak usia SD bisa menggunakan model pembelajaran “Snowball Throwing”. Menurut Komalasari (2010) Snowball Throwing adalah suatu model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan membuat-menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Snowball Throwing pada Materi Daur Hidup Hewan

Sedangkan menurut Bayor (2010) Snowball Throwing adalah suatu metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili oleh ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru, kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis, pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian kelas III SD Negeri 1 Karangmalang, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga, hampir semua hasil belajar peserta didik di bawah KKM, hanya Sebagian kecil anak saja yang sudah mendapatkan hasil belajar melebihi KKM. Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pun cenderung masih sangat rendah. Atas dasar permasalahan tersebut, upaya yang penulis lakukan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar muatan pelajaran Matematika materi operasi hitung peserta didik kelas III yaitu dengan menggunakan model pembelajaran “Snowball Throwing”.

Baca juga:  Picture and Picture Mudahkan Siswa Memahami Materi Pembelajaran Tematik

Adapun Langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran “Snowball Throwing” adalah sebagai berikut: Penyampaian materi pembelajaran yaitu operasi hitung perkalian; Membentuk kelompok kecil (4 anak tiap kelompok) dan menentukan ketua kelompok pada tiap kelompok yaitu anak yang paling menguasai materi pelajaran. Ketua kelompok mendapatkan beberapa contoh soal dan cara penyelesaian dari guru, kemudian menjelaskan pada anggota kelompok masing-masing.

Semua siswa mendapat selembar kertas untuk ditulisi soal tentang operasi hitung perkalian. Setelah semua siswa menulis satu pertanyaan/ soal tentang perkalian, kemudian kertas tersebut diremas-remas membentuk sebuah bola. Kemudian dengan aba-aba dari guru siswa melempar kertas tersebut kepada temannya. Semua siswa membuka bola kertas dari temannya dan mengerjakan soal di dalamnya. Satu persatu siswa maju mengerjakan di depan kelas. Guru mengevaluasi pembelajaran.

Baca juga:  Meningkatkan Kreativitas Siswa Memahami Sistem Pemerintahan Desa dengan Snowball Throwing

Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing sangat efektif digunakan di SD Negeri 1 Karangmalang. Anak terlihat lebih kooperatif, aktif dan gembira saat pembelajaran. Hal ini sangat berdampak positif bagi hasil belajar anak. Dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan membuat anak juga akan menyukai muatan pembelajaran matematika yang sejak dulu terkesan sulit dan memusingkan.

Dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing diharapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam materi operasi hitung Matematika kelas III, dan diharapkan juga bisa diterapkan dalam materi dan muatan pembelajaran lainnya. (pb2/zal)

Guru SDN 1 Karangmalang, Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya