alexametrics

Belajar Asyik Membandingkan Karakteristik Teks Puisi dan Prosa dengan Demonstrasi

Oleh : Yuliani Supriatin, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembelajaran, metode merupakan suatu cara atau teknik yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Sehingga dapat mempermudah penyampaian pesan dan mempercepat pemahaman peserta didik terhadap materi. Sejumlah metode pengajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran, disesuaikan materi yang diajarkan.

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar Membandingkan Karakteristik Teks Puisi dan Teks Prosa untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menguasai materi bisa menggunakan metode Demonstrasi. Metode demonstrasi yaitu metode pengajaran dimana guru atau orang lain sengaja diminta atau peserta didik memperlihatkan kepada seluruh kelas suatu proses melakukan sesuatu (Alipandie, 2000).

Menurut Muhibbi Syah (2000), metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan. Baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Metode demonstrasi membuat perhatian peserta didik dapat berpusat pada apa yang didemonstrasikan. Jadi, proses peserta didik akan lebih terarah dan mengurangi perhatian pada masalah lain.

Baca juga:  Bermain Sepak Bola Berperan Tingkatkan Prestasi Belajar

Merangsang peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, menambah pengalaman peserta didik, membantu peserta didik mengingat lebih lama tentang materi yang disampaikan, mengurangi kesalahpahaman karena pengajaran lebih jelas dan konkrit. Selain itu dapat menjawab semua masalah yang timbul di dalam pikiran setiap peserta didik. Memupuk perkembangan dan keberanian, mengambil inisiatif, bertanggung jawab dan berdiri sendiri. Sehingga hasil belajar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kelebihan metode demonstrasi antara lain didik dapat menghayati dengan sepenuh hati mengenai pelajaran yang diberikan. Perhatian peserta didik dapat terpusat pada hal penting yang didemonstrasikan. Mengurangi kesalahan dalam mengambil kesimpulan dari apa yang diterangkan guru secara lisan maupun tulisan, karena peserta didik memperoleh gambaran melalui pengamatan langsung terhadap suatu proses. Masalah yang mungkin timbul dalam hati peserta didik bisa langsung terjawab.

Baca juga:  Pemberian Motivasi Belajar dengan Menggunakan Lirik Lagu

Keunggulan lainnya kemungkinan peserta didik mendapat kesalahan lebih kecil. Sebab peserta didik mendapatkan langsung dari hasil pengamatan dan memperoleh pengalaman secara langsung. Peserta didik dapat memusatkan perhatiannya dalam hal-hal yang dianggap penting. Bila hal-hal yang membuat keraguan, peserta didik dapat bertanya secara langsung kepada guru (Elizar, 2000).

Dengan metode demonstrasi, Guru dan murid bisa secara langsung memperlihatkan proses dari teks puisi diubah menjadi teks prosa. Sehingga siswa bisa membandingkan sendiri perbedaan karakteristik teks puisi dan teks prosa. Dengan keterlibatan anak secara langsung, diharapkan peserta didik lebih mudah memahami dan menguasai materi tersebut. Pembelajaran menjadi lebih asyik dan pemahaman siswa meningkat. (pb1/fth)

Baca juga:  Pengembangan Alat Peraga Matematika melalui Kartu Domino

Guru SDN 05 Wanarejan Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya